SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 5 Malang pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Sholikha Faridatus

Abstrak


RINGKASAN

Sholikha, Faridatus. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 5 Malang pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya, Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhardjito, M.S., (2) Drs. I Wayan Sumberartha, M.Si.

Kata Kunci: Think-Talk-Write, kemampuan berpikir kreatif, interaksi makhluk hidup dan lingkungannya

Model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) memberikan peluang yang luas kepada siswa untuk mendapatkan sendiri konsep-konsep yang ada dalam materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya sehingga siswa dapat mengembangkan diri untuk berpikir kreatif. Kegiatan pembelajaran menggunakan tipe TTW pada dasarnya ialah kegiatan berpikir (think), berkomunikasi dengan cara bertukar pendapat (talk) serta mencatat hasil diskusi (write).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran TTW pada materi interaksi makluk hidup dan lingkungannya. Rancangan penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan ialah Posttest-Only Control Group Design. Pada desain ini, kedua kelompok diberi perlakuan (treatment)  dengan pembelajaran yang berbeda. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa yang belajar melalui model pembelajaran Think-Talk-Write lebih tinggi dibanding siswa yang belajar melalui pendekatan saintifik yaitu sebesar 97 dan 86. Berdasarkan hasil uji F didapati nilai Fhitung = 12.372 > 3.990 = Ftabel, sehingga dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 5 Malang pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang belajar melalui model pembelajaran Think-Talk-Write dengan siswa yang belajar melalui pendekatan saintifik dan hasil uji Tukey menunjukkan bahwa nilai Qhitung = 5.12 > 2.99 = Qtabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 5 Malang pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang belajar dengan model Think-Talk-Write lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar melalui pendekatan saintifik.