SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Harianti Dian novita

Abstrak


RINGKASAN

Harianti, Dian, Novita. 2019.Pembelajarandengan Model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifpadaMateriPencemaranLingkungan. Skripsi, Program StudiIlmuPengetahuanAlam, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. SupriyonoKoesHandayanto, M.Pd., M.A., (II) ErniYulianti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci :project based learningterintegrasi STEM, kemampuanberpikirkreatif, pencemaranlingkungan.

Pembelajaran  IPAberdasakankurikulum 2013 menggunakanpendekatansaintifik. Pembelajaransebaiknyaberpusatpadapesertadidikdanmampumendorongkreativitaspesertadidik.Duniakerjapadaabad 21 membutuhkan orang yang dapatberpikirkritis, inisiatif, kreatifdanmampumemecahkanmasalah.Padapenelitianinimenggunakan model project based learningterintegrasi STEM, melalui model inisiswaakanlebihaktifdankreatifdalammemecahkanmasalah yang adadalamkehidupansehari-hari. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaan  model project based learningterintegrasi STEM dalammeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelas VII padamateripencemaranlingkungan.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmixed methodsdengantipeembedded design. Embedded design merupakangabungandarikuantitatifdankualitatif. Subjekpenelitianadalahsiswakelas VII SMP Negeri 9 Blitar.Kelas yang digunakansebagaisampelpenelitianadalahkelas VII A. Instrumenpengukuran yang digunakanadalahteskemampuanberpikirkreatifpadamateripencemaranlingkungan yang berjumlah 12 soaluraiandengantingkatreliabilitassebesar 0,662 dengankriteriatinggi.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilai rata-rata posttestsiswa yang diajarkanmenggunakan model project based learningterintegrasi STEM sebesar 89 dannilaipretestsebesar 73. Berdasarkanhasiluji-t diperolehnilai"t" _"hitung" sebesar 24,116 yang menunjukkanbahwaterdapatperbedaannilaipretestdanpostest. Berdasarkanhasilperhitungand effect sizediperolehnilaisebesar2,9266dengankriteriatinggisekali. Kemampuanberpikirkreatifsiswadapatmeningkatkarenadalampembelajaraninisiswadiajakuntukmenuliskanlangkah-langkahdalampercobaansertadapatmerancangprodukdengankreativitasnyasendiri.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwa model project based learningterintegrasi STEM berpengaruhpositifterhadappeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswapadamateripencemaranlingkungan.