SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Kegiatan Menganalisis Sistem Ekskresi Manusia

fitriyah puteri lailatul

Abstrak


RINGKASAN

Fitriyah, Puteri Lailatul. 2019.Penerapan Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Kegiatan Menganalisis Sistem Ekskresi Manusia. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc., (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: learning cycle 7e, sistem ekskresi, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad XXI. Hasil survei PISA dan TIMSS menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan.Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis inkuiri yang menuntut siswa berpikir secara kritis untuk memecahkan permasalahan. Salah satu pembelajaran berbasis inkuiri adalah Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiketerlaksanaan penerapan Learning Cycle7E pada kegiatan menganalisis sistem ekskresi manusiadan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi selama penerapanLearning Cycle7E.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methodsdengan tipe embedded experimental. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPN 1 Malang sejumlah 31 siswa. Data kuantitatif berupa nilai pretest dan posttest sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi proses pembelajaran, dokumentasi foto, jawaban LKPD,dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, pedoman wawancara, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-smirnov, uji beda menggunakan paired sample t-test, perhitungan N-gain dan d-effect size. Analisis data kualitatif dilakukan dengan scatter plot analysis, menganalisis tabulasi silang,menganalisis respon siswa terhadap LKPD, dan menganalisis hasil wawancara.

Hasil uji normalitas diperoleh nilai Dhitung untuk data pretest dan posttest sebesar 0,155 dan 0,105 sedangkan nilai Dtabel yang diperoleh sebesar 0,244. Nilai Dhitungttabel,berartiterdapat perbedaan nilai pretest dan posttest. Hasil perhitungan N-gain diperoleh nilai sebesar 0,67 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil perhitungand-effect sizediperoleh nilai 8,36 yang termasuk dalam kategori tinggi sekali. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan Learning Cycle 7E dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Langkah-langkah pada pembelajaranLearning Cycle 7E memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep yang telah dipelajari dan dipahami untuk menyelesaikan permasalahan sehingga kemampuan berpikir siswa dapat ditingkatkan.