SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Kelas VIII pada Materi Tekanan Zat melalui Pembelajaran IPA

Avionita finny tessa

Abstrak


RINGKASAN

Avionita, Finny Tessa. 2019. Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Kelas VIII pada Materi Tekanan Zat melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Vita Ria Mustikasari S.Pd., M.Pd., (II) Drs. I Wayan Sumberartha, M.Si.

Kata Kunci: literasi saintifik, model PBL, tekanan zat

Literasi saintifik sangat penting di dunia pendidikan karena dapat mengembangkan cara berpikir pada siswa, mampu memahami konsep sains,dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang berpusat pada pencapaian literasi saintifik adalah pembelajaran model PBL. Model PBL memfasilitasi siswa untuk memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan sainsnya sehingga berpengaruh dalam peningkatan literasi saintifik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengetahui peningkatan literasi saintifik siswa pada materi tekanan zat.

Penelitian ini menggunakan desain mixed methods dengan tipe embedded experimentyang menghasilkan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi pembelajaran, jawaban LKPD dan hasil wawancara.Analisis data kuantitatif berdasarkan uji normalitasmenggunakan kolmogorov smirnov, uji beda menggunakan paired sample t-test, ujiN-gain dan uji d-effect size. Analisis data kualitatif berdasarkan scatter plot analysis, analisis respon siswa terhadap LKPD, analisis tabulasi silang, dan analisis hasil wawancara.

Hasil uji normalitas diperoleh nilai Dpretestsebesar 0,191dan Dposttest sebesar 0,170. Data nilai pretest dan posttest terdistribusi normal karena nilai D lebih kecil dari D tabel sebesar 0,248. Hasiluji-t pada nilai pretest dan  posttest diperoleh nilai thitung = 16,351 dan sig(p) = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada nilai pretest dan posttest.Hasil perhitungan rata-rata N-gain sebesar 0,467 yang berarti terdapat peningkatan pada nilai pretest dan posttest dalam kategori sedang dan d-effect size (d) sebesar 2,351 yang berarti pembelajaran dengan model PBL memiliki pengaruh yang tinggi terhadap peningkatan literasi saintifik siswa.

Literasi saintifik siswa pada materi tekanan zat melalui pembelajaran model PBL mengalami peningkatan. Model PBL memiliki tahapan pembelajaran yang memfasilitasi siswa agar mampu memecahkan suatu permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memiliki literasi saintifik yang baik.