SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Interactive Demonstration untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi

endang kusuma.N resti

Abstrak


RINGKASAN

Endang K.N, Resti. 2019. Penerapan ModelInteractive Demonstration untukMeningkatkanPemahamanKonsepSiswaKelas VIII padaMateriGetaran, Gelombang, danBunyi.Skripsi, Program StudiPendidikan IPA, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (2) Vita RiaMustikasari, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Model Interactive Demonstration ,PemahamanKonsep, GetaranGelombangdanBunyi

Pemahaman konsep siswamerupakansalahsatufokusutamadantujuan penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsepdapat menunjang kemampuan pemecahan masalahsiswasecara ilmiah. Pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep salah satunya pembelajaran berbasis inkuiri yaitu melalui model interactive demonstration. Model interactive demonstration memfasilitasi siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui pengamatan secara langsung maupun tanyajawabinteraktif antara guru dengan siswaterkaitdemonstrasimaterigetaran, gelombang, danbunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.

Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded experimental designyang menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperolehdari hasil pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasiljawabansiswa, hasil wawancaradanhasildokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas skewness dilanjut uji beda menggunakan paired sample t-test , uji N-gain dan uji d-effect size. Analisis data kualitatif berdasarkan deskripsi proses pembelajaran, hasiljawaban, hasildokumentasi dan hasil wawancara.

Hasil uji normalitas menggunakan uji skewness diperoleh nilai 0,223 dan -0,272. Data terdistribusi normal karena masih rentang nilai -1 dan +1. Dilanjut dengan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga data dikatakan memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil rata-rata N-gain sebesar 0,445 yang berarti mengalami peningkatan kategori medium bawah dan d-effect size sebesar 1,4912 yang berarti memiliki pengaruh yang tinggi sekali.Pemahaman konsep pada materi getaran, gelombang, dan bunyimelalui model interactive demonstration mengalami peningkatan. Melaluipembelajaran model interactive demonstration siswaterlibatlangsungdalammelakukanpenyelidikanautentikdaripermasalahan yang dihadapisertaterlibattanyajawabdengan guru saatmengamatidemonstrasi yang dapatmenunjangpeningkatanpemahamankonsepsiswa.