SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII

Miranti Rosita Dwika

Abstrak


RINGKASAN

Miranti, Rosita Dwika. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Winarto, M.Pd., (II) Muhammad Fajar Marsuki, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: multimedia interaktif, klasifikasi mater

 Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai alam semesta termasuk benda yang berada di permukaan bumi dan benda di luar angkasa, baik yang dapat teramati ataupun tidak teramati oleh panca indra. Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi pada era globalisasi yang berkembang pesat memberikan tuntutan dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan adalah media pembelajaran. Pembelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan klasifikasi materi merupakan salah satu pokok bahasan yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa untuk dipelajari. Hal tersebut membuat peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan klasifikasi materi dengan menggunakakan aplikasi Autoplay Media Studio 8. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami materi tersebut.  Produk yang dihasilkan disimpan pada CD  pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dan siswa.

 Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini yaitu four-D model atau model 4-D yang dimodifikasi sehingga hanya terdiri atas define (perencanaan), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Pengumpulan data diperoleh melalui validasi dan uji coba produk. Data yang diperoleh dalam penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket hasil validasi produk dan uji keterbacaan yang menggunakan skala Likert dan Guttman. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar oleh validator dan responden uji keterbacaan.Validator ahli media yaitu satu Dosen Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang. Validator ahli materi yaitu satu Dosen Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang  dan satu Guru IPA SMP Negeri 4 Malang. Responden uji keterbacaan adalah Guru IPA dan siswa SMP Negeri 4 Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai uji kelayakan media sebesar 87 dan nilai uji kelayakan materi sebesar 92,7 dan nilai angket uji keterbacaan siswa sebesar 100. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan klasifikasi materi untuk siswa SMP/MTs kelas VII yang  telah dikembangkan dan direvisi dalam katagori valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran

 

SUMMARY

Miranti, Rosita Dwika. 2019. The Development Of Interactive Multimedia Based Natural Science Learning Media On The Subject Of Material Classification For  Graders Of Junior High School Students. Thesis, Study Program of Natural Science Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Malang State University. Advisor: (I) Drs. Winarto, M.Pd., (II) Muhammad Fajar Marsuki, S.Pd., M.Sc.

Keywords: interactive multimedia, material classification

 Natural Sciences is the study of everything about the universe including objects that are on the surface of the earth and objects in space, both those that can be observed or not observed by the five senses. The development of natural science and technology in the era of globalization which is rapidly developing provides demands in the world of education. One of the developments in science and technology that can be utilized in the world of education is learning media. Science learning especially on the subject matter of material classification is one of the subjects that most students find difficult to learn. This made researchers to develop interactive multimedia-based learning media on the subject of material classification by using the Autoplay Media Studio 8 application. Learning media developed can help students in learning and facilitate students in understanding the material. The resulting product is stored on a learning Compact Disk (CD) that can be used by teachers and students.

 The model used in research and development of learning media is a modified four-D model or 4-D model so that it only consists of define (planning), design (design), and develop (development). Data collection is obtained through validation and product testing. Data obtained in the study in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data was obtained from questionnaires from product validation and readability tests using the Likert and Guttman scales. Qualitative data obtained from suggestions and comments by the validator and respondents readability test. Media expert validator is one Science Education Lecturer at the State University of Malang. Validator of material experts, namely one Science Education Lecturer at Malang State University and one Science Teacher at Malang State Middle School 4. Readers of the readability test were Natural Science Teachers and students of Malang Public Middle School 4.

The results of this study indicate that the value of the media feasibility test is 87 and the value of the material feasibility test is 92.7 and the value of the student readability test questionnaire is 100. It can be concluded that the development of interactive multimedia based natural science learning media on the subject of material classification for  graders of junior high school students that have been developed and revised in valid and appropriate categories to be used in the learning process.