SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN ZAT SISWA SMP 03 SINGOSARI

Romadony dwi

Abstrak


RINGKASAN

Romadony, Dwi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain) terhadapPeningkatanPemahamanKonsepTekananZatSiswa  SMPN 03 Singosari. Skripsi, Program StudiPendidikan IPA, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd.,M.Si., (II) NovidaPratiwi, S.Si, M.Sc.

Kata Kunci: POE,pemahamankonsep, tekananzat

Pemahamankonsepmerupakansalahsatukemampuandalamranahkognitif yang harusdimilikiolehsiswa.Pemahamankonsepsiswa  Indonesiamasihberadapada level yang rendah. Salah satufaktor yang mempengaruhipemahamankonsepadalahpenerapan model pembelajaran di sekolah. Peningkatanpemahamankonsepbagisiswadapatditingkatkandenganmenerapkan model pembelajaranPOE(Predict, Observe, and Explain).

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanpemahamankonsepsiswadenganmenerapkan model pembelajaranPOE(Predict, Observe, and Explain).Rancanganpenelitianiniadalahpretest-posttest control group designPenelitianinidilakukan di SMPN 03 Singosaridengansampelsiswakelas VIII E dan VIII F. Analisishipotesispadapenelitianinidilakukandenganuji t gain.

Hasilpenelitianmenunjukanbahwapeningkatanpemahamankonseptekananzatsiswa  yangmenerapkan model pembelajaranPOElebihtinggidibandingkandenganpeningkatanpemahamankonseppadakelaskontrol. Peningkatanpemahamankonseppadakelaseksperimensebesar 41% dengankategori medium atas, sedangkanpemahamankonseppadakelaskontrolsebesar 24% dengankategori medium rendah. Kesimpulanpadapenelitianiniadalahpeningkatanpemahamankonseptekananzatsiswapadakelaseksperimen yang menerapkan model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explain)lebihtinggidaripadakelaskontrol yang menerapkan model pembelajarankonvensional.