SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Tekanan Zat

ayu septi putri

Abstrak


RINGKASAN

Ayu, SeptiPutri. 2019. Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk

MeningkatanPemahamanKonsepSiswa SMP Kelas VIII padaMateriTekananZat.Skripsi, Program StudiIlmuPengetahuanAlam, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (II) Vita RiaMustikasari, S.Pd., M.Pd

Kata kunci: Learning Cycle 7E, pemahamankonsep, tekananzat

Pembelajaran IPA sesuaidengankurikulum 2013 disarankanmenggunakanpendekatansaintifik yang dapatmemfasilitasisiswadalammemperolehpengetahuanmelalui proses ilmiah. Dalamproses pembelajarandiperlukanketerlibatansiswasecaralangsungmelaluikegiatanpengamatan, percobaan, dandiskusi. Rendahnyaketerlibatansiswadalampembelajaranmemicurendahnyapemahamankonsepsiswa.Pemahamankonsepmerupakantujuanpentingdalampembelajaran yang dapatmenunjangkemampuansiswadalammemecahkanmasalah.Pembelajaran yang dapatmeningkatkanpemahamankonsepsalahsatunyapembelajaranberbasisinkuiriyaitu model learning cycle 7E.Melalui model inisiswaterlibatsecaralangsungdalampembelajaranuntukmenemukankonsep.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan proses pembelajarandanmengetahuipeningkatanpemahamankonsepsiswakelas VIII padamateritekananzatmenggunakan model pembelajaranlearning cycle 7E.

Penelitianinimenggunakangabunganmetodekuantitatifdankualitatif (mixed methods)jenisembedded experimental design.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII-B SMP Negeri 3 Singosari yang ditentukanmelaluiteknikpurposive sampling.Instrumenpengukuran yang digunakanuntukmengukurpencapaianpemahamankonsepsiswaadalahtesmenggunakantipesoalpilihangandadengan 17 butirsoalsaatpretestdanposttestsesuaiindikatorTaksonomi Bloom padaranah C2-C4. Ujibedamenggunakanujit-testberupapaired sample t-test. Besarnyapeningkatanditunjukkandengannilain-gain.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganmodel learning cycle 7Eterlaksanasesuaitahapanyaituelicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, danextend.Pembelajarandenganmodel learning cycle 7Esangatefektifuntukmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Peningkatanpemahamankonsepdapatdilihatdari data hasilpretest danposttest yangtelahdianalisis.Besarnyapeningkatanditunjukkanmelalui rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) sebesar 0,6626 yang termasukkategoritinggi. Kekuatandampakditunjukandengannilaid-effect sizesebesar2,6453 yang termasukkategoritinggisekali.