SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Game Edukasi IPA Kuartet sebagai Media Pembelajaran IPA Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi

nurmalita Nadia

Abstrak


ABSTRAK

Nurmalita, Nadia. 2019. Pengembangan Game Edukasi IPA Kuartet sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. (2) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc.

Kata Kunci: game edukasi, IPA kuartet, sistem ekskresi

Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 menjelaskan bahwa pembelajaran harus dilakukan secara interaktif dan menarik, serta memberikan ruang yang cukup untuk kemandirian sesuai perkembangan fisik dan psikologis siswa. Pelaksanaannya, beberapa siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPA karena sulit memahami materi yang bersifat mikroskopik atau tidak dapat ditangkap oleh indera, bersifat makroskopik atau abstrak, dan sulit termotivasi untuk belajar materi yang bersifat majemuk atau satu materi mencakup banyak sub materi lainnya. Materi yang bersifat majemuk dapat diajarkan dengan metode yang menyenangkan atau metode game edukasi dengan menggunakan media IPA Kuartet. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media game edukasi IPA Kuartet yang valid dan layak pada materi sistem ekskresi untuk siswa SMP kelas VIII. Media IPA Kuartet ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri dan bernuansa menyenangkan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Plomp yang meliputi empat fase. Fase pertama yakni penelitian preliminer, fase kedua yakni pembuatan prototipe, fase asesmen, dan fase refleksi serta dokumentasi. Produk dicetak dalam bentuk kumpulan kartu yang berisi 30 kartu dalam satu set permainan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media, ahli materi serta guru IPA yang selanjutnya diujicobakan pada 20 siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Malang. Jenis data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif yaitu berupa angket yang disertai saran dan komentar. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

 Berdasarkan validasi media oleh validator diperoleh skor rata-rata 4.66 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan validasi materi oleh validator diperoleh persentase 87% sesuai dengan konsep. Validasi kesesuaian pembelajaran dengan kurikulum 2013 oleh validator memperoleh skor rata-rata 4.44 dengan kriteria sangat sesuai. Berdasarkan hasil uji keterbacaan pada 20 siswa diperoleh skor rata-rata 4.2 dengan kriteria sangat layak untuk digunakan dan dapat diuji cobakan dalam skala yang lebih luas.

ABSTRAK

Nurmalita, Nadia. 2019. Pengembangan Game Edukasi IPA Kuartet sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. (2) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc.

Kata Kunci: game edukasi, IPA kuartet, sistem ekskresi

Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 menjelaskan bahwa pembelajaran harus dilakukan secara interaktif dan menarik, serta memberikan ruang yang cukup untuk kemandirian sesuai perkembangan fisik dan psikologis siswa. Pelaksanaannya, beberapa siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPA karena sulit memahami materi yang bersifat mikroskopik atau tidak dapat ditangkap oleh indera, bersifat makroskopik atau abstrak, dan sulit termotivasi untuk belajar materi yang bersifat majemuk atau satu materi mencakup banyak sub materi lainnya. Materi yang bersifat majemuk dapat diajarkan dengan metode yang menyenangkan atau metode game edukasi dengan menggunakan media IPA Kuartet. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media game edukasi IPA Kuartet yang valid dan layak pada materi sistem ekskresi untuk siswa SMP kelas VIII. Media IPA Kuartet ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri dan bernuansa menyenangkan.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Plomp yang meliputi empat fase. Fase pertama yakni penelitian preliminer, fase kedua yakni pembuatan prototipe, fase asesmen, dan fase refleksi serta dokumentasi. Produk dicetak dalam bentuk kumpulan kartu yang berisi 30 kartu dalam satu set permainan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media, ahli materi serta guru IPA yang selanjutnya diujicobakan pada 20 siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Malang. Jenis data yang diperoleh bersifat kuantitatif dan kualitatif yaitu berupa angket yang disertai saran dan komentar. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

 Berdasarkan validasi media oleh validator diperoleh skor rata-rata 4.66 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan validasi materi oleh validator diperoleh persentase 87% sesuai dengan konsep. Validasi kesesuaian pembelajaran dengan kurikulum 2013 oleh validator memperoleh skor rata-rata 4.44 dengan kriteria sangat sesuai. Berdasarkan hasil uji keterbacaan pada 20 siswa diperoleh skor rata-rata 4.2 dengan kriteria sangat layak untuk digunakan dan dapat diuji cobakan dalam skala yang lebih luas.