SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGINTEGRASIAN PENILAIAN FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 TRENGGALEK PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK

Intan Puspita Sari

Abstrak


Penilaian dalam kurikulum 2013 menganut prinsip penilaian berkelanjutan dan komprehensif untuk mendukung upaya memandirikan peserta didik. Penilaian tidak hanya dilaksanakan saat akhir kompetensi dasar tetapi dilaksanakan sepanjang pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan penilaian formatif. Penilaian formatif merupakan penilaian yang diintegrasikan gurudan pesertadidikselama proses pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan memperoleh umpan balik yang tepat sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat disempurnakan ke arah yang lebih baik.

Pentingnya umpan balik bagi peserta didik yaitu dapat memperbaiki kesenjangan pemahaman konsep. Umpan balik pada penilaian formatif  mampumembantu peserta didik un­tuk mendapatkan pamahaman konsep dan dapat memotivasi dan merefleksi kegiatan belajar.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengintegrasian penilaian formatif  dalam pembelajaran IPA berpendekatan saintifik terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Penelitianini berupa eksperimensemu (Quasi Eksperimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan yang digunakan terdiri dari silabus, RPP, LKPD. Instrumen pengukur anter diri dari instrumen non tes (lembar observasi keterlaksanaan pengintegrasian penilaian formatif) dan instrumentes (tespemahaman konsep).Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji Tukey. Hasil uji t diperoleh nilai Pvalue 0,003 < 0,05 berarti terdapat perbedaan antara dua sampel yang diberikan perlakuan.Hasil uji Tukey diperoleh nilai Qh sebesar 3,05 dan Qt sebesar 2,89 (Qh>Qt), sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pengintegrasian penilaian formatif dalam pembelajaran IPA berpendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Trenggalek.