SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Suhu dan Kalor SMP Kelas VII

Muhammad Syauqi

Abstrak


ABSTRAK

 

Syauqi, Muhammad. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Suhu dan Kalor SMP Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Winarto, M.Pd., (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: multimedia interaktif, pendekatan saintifik, suhu dan kalor

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan cabang ilmu yang mempelajari fenomena alam melalui proses ilmiah, sikap ilmiah dan menghasilkan produk ilmiah berupa pengetahuan. Pembelajaran IPA pada kurikulum 2013 diarahkan untuk menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran saintifik menekankan pada lima pengalaman belajar, yaitu: 1)mengamati, 2)menanya, 3)mengumpulkan informasi, 4)mengasosiasi, dan 5)mengkomunikasikan. Pembelajaran IPA di SMP harus dikemas secara interaktif dan menyenangkan. Salah satu materi yang diajarkan dalam pembelajaran IPA di SMP adalah materi suhu dan kalor. Materi suhu dan kalor berisifakta, teori, hukum maupun konsep abstrak. Konsep abstrak dalam materi suhu dan kalor dapat divisualkan melalui pemanfaatan media. Media pembelajaran yang baik adalah degan memadukan pendekatan saintifik.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Alessi & Trollip. Pengumpulan data diperoleh melalui validasi dan uji coba produk. Data yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket hasil validasi dan uji keterbacaan menggunakan skala Likert dan Guttman. Data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan oleh validator dan responden uji keterbacaan. Validator ahli media dan ahli materi adalah Dosen Fisika Universitas Negeri Malang. Responden uji keterbacaan adalah Guru IPA dan siswa SMP Negeri 4 Malang.

Hasil validasi media diperoleh rata-rata sebesar 75% dengan kategori valid. Hasil validasi materi diperoleh rata-rata sebesar 75% dengan kategori valid. Hasil validasi kebenaran konsep diperoleh rata-rata sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacan oleh praktisi lapangan diperoleh rata-rata sebesar 83,3% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan oleh siswa diperoleh rata-rata sebesar 92,2% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor SMP kelas VII valid dan layak digunakan.