SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Malang pada Materi Cahaya

Muhammad Rohmatulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran IPA pada SMP di malang. Siswa belum bisa memahami konsep-konseb IPA yang masih abstrak dan fenomena yang tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Diperlukan suatu media pembelajaran yang mampu membantu siswa dalam memahami konsep yang abstrak, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mobile learning berbasis android hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang kelas VIII tahun ajaran 2017-2018.

Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimentat. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group desain. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 23 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Kelas Eksperimen yakni kelas VIII 1 mengunakan bantuan media mobile learning berbasis android dan kelas kontrol yakni kelas VIII 3 tanpa menggunakan media mobile learning berbasis Android. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari RPP, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal hasil belajar. Seluruh instrument yang digunakan telah valid dan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan uji lanjut menggunakan cohen’s d-effect size. Uji t digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control. uji lanjut cohen’s d-effect size digunakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang menggunakan media mobile learning berbasis androind dengan pembelajaran tanpa menggunakan media mobile learning berbasis android terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.