SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PE N GEMB AN GAN VIRTUAL LABORATORIUM MATERI RANGKAIAN LISTRIK SMP KELAS IX

Lintang Puteri

Abstrak


ABSTRAK

 

Puteri, Lintang. 2018. Pengembangan Virtual Laboratorium Materi Rangkaian Listrik sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Siswa Smp Kelas IX. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil, M.Si. (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci :virtual laboratorium, rangkaian listrik

Pembelajaran IPA sangat penting dilaksanakan melalui kegiatan percobaan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menemukan dan memahami konsep IPA. Berdasarkan hasil kajian literatur dan wawancara kepada guru IPA SMP diketahui bahwa pada materi rangkaian listrik, siswa kesulitan dalam mendeskripsikan gambar rangkaian dan konsep yang abstrak. Selain itu waktu yang diperlukan siswa untuk melaksanakan percobaan terlalu lama sehingga kegiatan percobaan kurang efektif. Dibutuhkan virtual laboratorium yang mensimulasikan percobaan rangkaian listrik untuk membantu siswa dalam memahami materi dan mengefektifkan kegiatan percobaan. Penggunaan virtual laboratorium merupakan media yang praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran, dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa, dan meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPA berupa virtual laboratorium materi rangkaian listrik serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Four-D yang meliputi tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap keempat penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan. Kelayakan media yang dikembangkan berdasarkan uji validasi dan uji keterbacaan. Uji validasi terdiri dari dari uji validasi materi oleh ahli materi dan uji validasi media oleh ahli media dan guru ipa SMP. Uji keterbacaan dilaksanakan dengan melibatkan 15 siswa SMPN 4 Malang. Instrumen pengumpulan data penelitian pengembangan yang digunakan berupa angket dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil pengembangan berupa virtual laboratorium materi rangkaian listrik yang memuat simulasi percobaan rangkaian listrik, percobaan rangkaian tegangan seri-paralel, dan percobaan rangkaian hambatan seri-paralel. Hasil uji validasi diperoleh skor sebesar 88,3% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan diperoleh hasil rata-rata sebesar 90,2%  dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan penilaian tersebut, media virtual laboratorium materi rangkaian listrik sangat layak digunakan dalam pembelajaran.