SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Two Tier Multiple Choice (TTMC) Materi Suhu dan Kalor untuk Peserta Didik SMP

ZAHROTUN NAFI'AH

Abstrak


ABSTRAK

 

Nafi’ah, Zahrotun. 2018. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Two Tier Multiple Choice (TTMC) Materi Suhu dan Kalor untuk Peserta Didik SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd. (II) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc.

 

Kata Kunci: two tier multiple choice (TTMC), kemampuan berpikir tingkat tinggi, suhu dan kalor

Pembelajaran IPA bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik untuk diterapkan dalam kehidupan. Materi suhu dan kalor berkaitan erat dengan kehidupan sehingga dapat dikembangkan menjadi masalah kontekstual untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kompetensi dasar materi suhu dan kalor mencerminkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi masih kurang. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedia instrumen yang didesain khusus untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA SMP di Kabupaten Tulungagung, soal pilihan ganda pada materi suhu dan kalor yang dikembangkan masih terbatas pada dimensi kognitif C1, C2, dan C3. Soal dimensi kognitif C1, C2, dan C3 tidak melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang baik dapat berdampak pada kemampuan menguasai konsep, mengambil makna, mengevaluasi, bernalar, menganalogi konsep, hingga memecahkan masalah baru. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi two tier multiple choice (TTMC) materi suhu dan kalor untuk peserta didik SMP yang valid dan reliabel.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono (2016) dan dilakukan sampai tahap uji coba pemakaian. Pengumpulan data diperoleh melalui uji coba produk dan uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi two tier multiple choice (TTMC) materi suhu dan kalor. Subyek uji coba produk sebanyak 65 peserta didik dan subyek uji coba pemakaian sebanyak 32 peserta didik.

Hasil uji coba produk memperoleh hasil 22 soal yang valid dengan reliabilitas sebesar 0,672 termasuk dalam kategori tinggi. Jumlah soal yang dihasilkan berdasarkan dimensi kognitif C4 sebanyak 3 soal (13,64%), dimensi kognitif C5 sebanyak 14 soal (63,64%), dan dimensi kognitif C6 sebanyak 5 soal (22,72%). Berdasarkan hal tersebut dihasilkan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi two tier multiple choice (TTMC) materi suhu dan kalor yang valid dan reliabel. Hasil uji coba pemakaian instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi menunjukkan bahwa tidak ada peserta didik (0,00%) yang masuk dalam kategori sangat baik dan baik, 2 peserta didik (6,25%) masuk dalam kategori cukup, dan 30 peserta didik (93,75%) masuk dalam kategori kurang.