SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pemodelan pada Materi Cahaya dan Alat Optik untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII

Nunuk Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPA dapat membantu siswa memahami dan menguasai konsep-konsep IPA. Pembelajaran dengan pemodelan (modeling instruction) merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hakekat IPA. Pembelajaran dengan pemodelan menuntut siswa mengembangkan model, menguasai konsep, dan menerapkan konsep pada suatu fenomena.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dampak metode pembelajaran dengan pemodelan terhadap peningkatan penguasaan konsep materi cahaya dan alatoptik.

Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian embedded mixed methods. Subyek penelitian siswa kelas VIII E SMPN 1 Malang tahun ajaran 2017/2018 semester 2 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa hasil observasi proses pembelajaran, jawaban lembar kerja siswa, dan hasil wawancara dengan siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil pretest dan posttest siswa.Soal tes terdiri atas 10 soal pilihan ganda dan 2 soal esai. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi peningkatan penguasaan konsep. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kekuatan dampak penggunaan pembelajaran dengan pemodelan dalam peningkatan penguasaan konsep siswa.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah melakukan pembelajaran dengan pemodelan diperoleh nilai d-effect size sebesar 4,36 untuk soal tes pilihan ganda dan 2,35 untuk soal tes esai, keduanya termasuk pada kategori tinggi sekali. Nilai N-gain soal tes pilihan ganda sebesar 0,87 dan soal tes esai sebesar 0,68, keduanya termasuk kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut, simpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemodelan pada materi cahaya dan alat optik dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII.