SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Siswa Saat Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Beserta Scaffolding-Nya Berdasarkan Prosedur Newman

Namira ., Namira .

Abstrak


ABSTRAK

 

Rendahnya kemampuan matematika siswa ditandai dengan banyaknya kesalahan siswa saat menyelesaikan soal matematika. Untuk mengatasi kesalahan tersebut perlu dilakukan analisis kesalahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab kesalahan dan pencegahannya. Untuk mengatasi kesalahan tersebut perlu dilakukan perbaikan yang dilakukan dengan pemberian scaffolding oleh guru. Di dalam penelitian ini prosedur Newman digunakan sebagai alat untuk menganalisis kesalahan dan level scaffolding Anghileri digunakan sebagai acuan dalam memberikan scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan memberikan soal tes dan wawancara kepada 2 subjek dengan kesalahan terbanyak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan paling banyak terjadi pada tahap keterampilan proses (process skill) yang mengakibatkan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir (encoding). Untuk mengatasi kesalahan tersebut, diberikan scaffolding sesuai dengan level 3 scaffolding Anghileri. Hasil dari pemberian scaffolding tersebut mengakibatkan subjek tidak melakukan kesalahan kembali, dan mengerli letak kesalahannya.

 

Kata Kunci: Analisis kesalahan Newman, scaffolding, Sistem persamaan linear tiga variable..