SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE (LC) 5E TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMPN 1 KARANGPLOSO PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Badi' Silvana

Abstrak


ABSTRAK

 

Silvana, Badi’. 2018. Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5E terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 1 Karangploso pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M. Pd., M.A., (II) Erni Yulianti, S. Pd., M. Pd.

Kata kunci: Learning cycle 5E, penguasaan konsep siswa, Getaran

            Pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik ini mampu membangun keaktifan siswa dalam belajar, sehingga penguasaan konsep siswa meningkat. Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang sulit dipahami oleh siswa karena perlu divisualisasi. Pada penelitian ini menggunakan model learning cycle 5E., melalui model ini siswa akan berperan lebih aktif dalam menemukan konsep dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model learning cycle 5E dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangploso Kabupaten Malang dengan sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik random sampling atau pengambilan secara acak. Kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model learning cycle 5E dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model konvensional. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang berjumlah 17 soal uraian.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest siswa yang diajarkan menggunakan model learning cycle 5E lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional yaitu 77 dan 73. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,046. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model learning cycle 5E berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.