SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS PAKET IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VIII

Nikita Pujianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran sekarang ini. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat digunakan oleh siswa dalam pengaplikasian di kehidupan sehari-hari. Siswamemerlukanmemerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalampembelajaran IPA untukpemecahan masalah, mengambil keputusan, memahami konsep dan teori kompleks supaya terhindar dari kesalahpahaman ilmiah. Namun berdasarkan hasil observasi, siswa SMP masih memilikikemampuan berpikir tingkat tinggi yang rendah. Kemampuan berpikir dapat ditingkatkan dengan bahan ajar IPA terpadu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas paket IPA terpadu berbasis inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP.

Rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan posttest-only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Blitar. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan paket IPA terpadu berbasis inkuiri dan kelas kontrol tanpa menggunakan paket IPA terpadu berbasis inkuiri. Teknis analisis menggunakan uji-t one-tailed.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan paket IPA terpadu berbasis inkuiri dengan lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan paket IPA terpadu berbasis inkuiri.