SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam pembelajaran IPA dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 1 Karangploso tentang Cahaya dan Alat Optik

Arum Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Puspitasari, Arum. 2018. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran IPA dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 1 Karangploso tentang Cahaya dan Alat Optik.Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Munzil, S. Pd., M. Si., (2) ErniYulianti, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, InkuiriTerbimbing, PemahamanKonsep

                Paradigma pembelajaran IPA adalah konstruktivisme. Namun pada kenyataannya guru masih lebih suka menggunakan metode ceramah di depan kelas sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA yang cenderungabstrak. Salah satu model pembelajaran IPA yang disarankan dalam Kurikulum 2013 adalah pembelajaran inkuiri.  Model pembelajaran inkuiri dikelompokkan menjadi 4 tipe, salah satunya yaitu inkuiri terbimbing. Pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dibantu dengan multimedia interaktif agar lebih dapat memvisualisasikan konsep abstrak. Proses penyampaian materi dengan multimedia interaktif melalui model pembelajaran inkuiri membuat siswa lebih memahami materi dan membuat pembelajaran berpusat pada siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif yang telah dikembangkan oleh Pradana (2016) terhadap pemahaman konsep siswa.

            Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Karangploso Tahun Ajaran 2017-2018. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII C sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terdapat dua perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, siswa belajar menggunakan multimedia interaktif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan pada kelas kontrol siswa belajar tanpa multimedia interaktif dengan model yang sama yaitu inkuiri terbimbing.Instrumen penelitian meliputi instrument perlakuan yang terdiri atas silabus, RPP, dan lembar kerja siswa (LKS) dan instrument pengukuran yang terdiri atas lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test.

 

            Hasil uji-t data penelitian diperoleh nilai signifikansi α < 0,05 yaitu sebesar 0,000, yang berarti ada pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA dengan model inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa.