SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pemodelan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gelombang pada Siswa Kelas VIII

Karinda Tifani

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

Tifani, Karinda. 2018. Pembelajaran dengan Pemodelan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gelombang pada Siswa Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (2) Novida Pratiwi, S.Si., M.Sc.

Kata Kunci:  pembelajaran pemodelan, gelombang

            Pembelajaran IPA menuntut siswa harus memahami konsep serta keterkaitannya untuk menyelesaikan masalah. Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep, untuk itu dibutuhkan desain pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada topik gelombang melalui pemodelan untuk memberikan pengalaman langsung terhadap siswa sehingga mereka mampu mengembangkan model, memahami konsep, dan menerapkan konsep.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed method jenis embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-J SMP Negeri 4 Kepanjen tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 35 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan intrumen tes, catatan observer, wawancara, foto dan video. Analisis statistik, dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan pemodelan terhadap pemahaman konsep siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemodelan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada topik gelombang dengan d-effect size sebesar 3,537 termasuk dalam kategori sangat tinggi efektif, dan N-gain sebesar 0,641 termasuk kategori medium atas peningkatan pretest dan posttest. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemodelan ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang pada siswa.