SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Multi Representasi terhadap Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Malang

Maulidia Maslikha

Abstrak


ABSTRAK

 

Materi tekanan zat dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari merupakan materi yang bersifat abstrak dan banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Pemahaman konsep mengenai materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diutamakan. Pembelajaran inkuri terbimbing dengan pendekatan multi representasi merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep. Pembelajaran inkuiri terbimbing mengajak siswa belajar mandiri dengan melakukan penyelidikan sederhana. Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multi representasi memberikan fasilitas siswa bagi pemahaman konsep. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multi representasi terhadap pemahaman konsep siswa tahun ajaran 2017-2018.

Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 23 Malang tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas 8.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas 8.3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multi representasi. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran inkuri terbimbing tanpa multi representasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent sample t-test dan uji lanjut berupa uji Tukey.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa kelas 8.1 (kelas eksperimen) dan kelas 8.3 (kelas kontrol). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multi representasi lebih tinggi daripada tanpa pendekatan multi representasi. Kesimpulan dari penelitian ini, pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multi representasi berpengaruh terhadap penguasaan konsep materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari