SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Bahan Ajar Ipa Berbasis Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Pada Tema Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 2 Malang

Nuris Afisah

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada penerapan pembelajaran sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat secara terpadu yang diarahkan kepada pengalaman belajar siswa untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi ilmiah. Telah dikembangkan bahan ajar IPA berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) yang menyajikan fenomena pencemaran lingkungan, bahan ajar tersebut belum di uji efektivitasnya. Oleh karena itu perlu di uji efektivitas bahan ajar IPA berbasis SETS terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Penelitian ini merupakan quasy experimentdengan pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C dan VII E SMP Negeri 2 Malang, masing-masing sebagaikelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan cluster random samping. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa.Analisis data meliputi uji kesamaan keadaan awal pada data awal (pretest) dan uji berbedaan rata-rata pada data akhir (posttest).

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar IPA berbasis SETS berbeda secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar lain. Berdasarkan analisis data posttest menunjukkan bahwa thitung(2,288) >ttabel(1,696) dengan taraf signifikansi 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor posttestkelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan x̅eksperimen (80,25)>x̅kontrol(74,72).  NilaiN-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,506 (sedang) lebih besar daripada kelas kontrol sebesar 0,367 (sedang). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan bahan ajar IPA berbasis SETS lebih tinggi daripada hasil belajar kognitif siswa yang tidak menggunakan bahan ajar IPA berbasis SETS. Sehingga bahan ajar IPA berbasis SETS pada tema pencemaran lingkungan efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.