SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Model Project Based Learning pada Kegiatan Menganalisis Sistem Ekskresi, Gangguan, dan Upaya Menjaga Kesehatan Diri

Novita Ratnasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pendidikan di abad 21 membangun intelegensi peserta didik agar mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitarnya, secara berarti, relevan, dan kontekstual. Pembelajaran IPA yang kontekstual dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dikembangkan melalui pembelajaran IPA model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA model Project Based Learning. Desain penelitian ini mixed methods dengan embedded experimental design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Laboratorium UM Malang yang berjumlah 50 orang. Deskripsi kualitatif kemampuan berpikir kritis peserta didik didasarkan pada hasil LKPD selama pembelajaran IPA model Project Based Learning. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara kuantitatif didasarkan pada perubahan skor pretest dan posttest peserta didik. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test, d-effect size dan N-gain. Rerata kemampuan berpikir kritis peserta didik termasuk kategori baik (73,89). Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran IPA model Project Based Learning. Kekuatan peningkatan ditunjukkan dengan d-effect size yang tinggi (2,263), rata-rata N-gain sebesar 0,504 yang termasuk medium atas.