SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Sistem Gerak Manusia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Lestiana Devi Safitri

Abstrak


ABSTRAK

Safitri, Lestiana Devi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Sistem Gerak Manusia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Dra. Susilowati, M.S (2) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu, Tema Sistem Gerak Manusia

 

Pembelajaran IPA terpadu pada saat ini belum dapat dilaksanakan seluruhnya oleh beberapa SMP di Kota Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat permasalahan yaitu bahan ajar yang ada belum nampak keterpaduannya. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pengembangan bahan ajar. Penelitian dan pengembangan dilakukan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA terpadu tema Sistem Gerak Manusia yang valid dan layak. Keterpaduan yang digunakan adalah model keterpaduan connected.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang mengadaptasi dari Thiagarajan. Penelitian dilakukan sampai dengan tiga tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Pengembangan bahan ajar berupa buku siswa dan buku pegangan guru. Bahan ajar yang dikembangkan melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Uji keterbacaan dilakukan oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan skor hasil validasi dan uji keterbacaan, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA terpadu tema Sistem Gerak Manusia.