SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Termbing untuk Kegiatan Belajar Memahami Getaran, Gelombang dan Sistem Sonar Kelas VIII SMP/MTs.

Siti Nofita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Siti Nofita. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Termbing untuk Kegiatan Belajar Memahami Getaran, Gelombang dan Sistem Sonar Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci : Pengembangan bahan ajar, Inkuiri terbimbing, Getaran, gelombang dan sistem sonar

 

IPA merupakan ilmu pengetahuan yang memuat fakta, konsep, prinsip dan hukum melalui kegiatan observasi, identifikasi, deskripsi, eksperimen dan kajian teoritis berdasarkan fenomena sekitar. IPA disajikan melalui pembelajaran yang dilakukan secara terpadu. Salah satu  pendekatan  yang diharapkan muncul dalam pembelajaran IPA Terpadu yaitu menggunakan pendekatan inkuiri. Inkuiri terbimbing memungkinkan siswa untuk memperoleh kedalaman materi dan pemahaman konsep berdasarkan pola pikirnya sendiri melalui berbagai informasi dan bimbingan dari guru. Materi  getaran,  gelombang, dan  sistem  sonar  merupakan  materi  yang  bersifat abstrak,  sehingga  dalam  penyampaiannya  membutuhkan  bahan  ajar  yang kegiatannya  dikaitkan  dengan  situasi  nyata  dan  akrab  dengan  kehidupan  siswa. Berdasarkan penyebaran angket terhadap kebutuhan bahan ajar, bahan  ajar  yang  digunakan  masih  belum terurai materi yang  diajarkan seperti pada kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh  pemerintah  dan  masih  kurang  membantu  siswa  dalam  pemahaman  konsep.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk kegiatan belajar memahami getaran, gelombang,  dan sistem sonar kelas VIII SMP/MTs menjadi layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah model 4D yang dilakukan hanya sampai tiga tahap yaitu  pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, praktisi lapangan (guru) dan uji efektifitas bahan ajar  terhadap hasil belajar siswa.

Hasil validasi menunjukkan bahwa rata-rata validasi bahan ajar yang diperoleh adalah sebesar 96.2 % sehingga produk penelitian dan pengembangan yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria valid. Uji efektifitas didapatkan thitung (3,16) > ttabel (1,99) menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing untuk kegiatan belajar memahami getaran, gelombang, dan sistem sonar kelas VIII SMP/MTs valid dan layak untuk digunakan.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sari, Siti Nofita. 2017. Development of Intregated Science Teaching Materials Based on Guided Inquiry for Learning Activities to Understanding Vibration, Waves and Sonar System Class VIII SMP/MTs. Thesis, Science Education Program, Faculty of Mathematics and Science, State University of Malang. Counselor: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd

 

Keywords: Development of teaching materials, Guided Inquiry, Vibration, Wave and Sonar System

 

Science is a science that contains facts, concepts, principles and laws through observation activities, identification, description, experiments and theoretical studies based on surrounding phenomena. Science is presented through integrated learning. One approach that is expected to emerge in Integrated Science learning is using inquiry approach. Guided inquiry enables students to gain material depth and understanding of concepts based on their own mindset through teacher information and guidance. Vibration materials, waves, and sonar systems are abstract material, so in delivering the need of teaching materials whose activities are associated with real situations and familiar with student life. Based on questionnaires to the needs of teaching materials, teaching materials used are still not decomposed material taught as in the 2013 curriculum that has been established by the government and still less help students in understanding the concept. The purpose of this research is to develop a guided Inquiry-based science teaching materials for learning activities to understand vibration, wave, and sonar system of Class VIII SMP / MTs become feasible and valid to be used in the learning process and to know the influence of instructional materials based on guided inquiry to student learning outcomes.

This research is a type of research and development (Research and Development). The model used is a 4D model that is performed only up to three stages of defining, designing, and development. The data obtained are qualitative and quantitative data. Qualitative data from the suggestions and comment validators. Quantitative data obtained from the validation by media experts, material experts, field practitioners (teachers) and test the effectiveness of teaching materials on student learning outcomes.

Validation results show that the average validation of teaching materials obtained is 96.2% so that the research and development products produced already meet the valid criteria. The effectiveness test obtained tcount (3.16)> ttable (1.99) shows the difference of learning outcomes between the experimental class and control class. This indicates that the teaching materials developed have an effect on the students' learning outcomes. Based on these results, Inepra based instructional IPA teaching materials for learning activities to understand vibration, wave, and sonar system class VIII SMP / MTs valid and feasible to use.