SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan berpikir kritis pada Topik Lapisan Bumi

Ella Putri Artifasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Artifasari, Ella Putri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan berpikir kritis pada Topik Lapisan Bumi. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I)Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D. (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar, literasi sains, hakikat sains (NOS), berpikir kritis

 

Pembelajaran IPA bertujuan mewujudkan siswa berliterasi sains sehinggamampu memecahkan permasalahan individu maupun sosial dengan menggunakan pengetahuan ilmiah secara luas. Survei PISA menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih rendah yaitu pada bidang IPA berada pada peringkat ke 64 dari 65 negara pada tahun 2012dan  peringkat 62 dari 70 negara pada tahun 2015 sehingga literasi sains siswa perlu dikembangkan. Literasi sains dapat dikembangkan melalui pengeksplisitan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis dalam bahan ajar. Berdasarkan hasildari beberapa penelitian menunjukkan rata-rata persentase kemunculan NOSpada buku IPA SMPKabupaten Semarang sebesar 17,3%, dan buku teks Biologi SMP di Kota Bandunglebih banyak menyajikan aspek teori dan hukum dalam sains dengan persentase sebesar 67%, serta kategori sains dalam bahan ajar sebagai cara berpikir memiliki rata-rata presentase kemunculan yaitu 19,5%. Selain itu, hasil observasi  bahan ajar yang tersedia saat ini belum mengekplisitkan hakikat sains dan kurang terdapat soal-soal berpikir kritis. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar IPA dengan mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada topik lapisan bumi yang layak digunakan dalam pembelajaran.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan praktisi lapangan menggunakan instrumen angket checklist. Data hasil validasi terdiri dari data kuantitatif yaitu data berupa angka dan data kualitatif yaitu data berupa saran dan komentar. Data kuantitaif dianalisis menggunakan teknik analisis persentase.

Bahan ajar hasil pengembangan terdiri atas buku siswa dan buku guru. Buku siswa terdiri tigasubbab yaitu atmosfer, litosfer, dan hidrosfer. Buku guru dilengkapi dengan pengantar, petunjuk peggunaan buku siswa, dan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan instrumen penilaian. Hasil validasi bukusiswa dan buku guru diperoleh persentase masing-masing sebesar 90,27% dan 92,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA yang mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada topik lapisan bumi sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.