SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan multimedia pembelajaran ipa dengan pendekatan saintifik untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa SMP kelas VIII

sayida titis setyaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyaningrum, S. T. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa SMP KelasVIII.Skripsi, Program StudiPendidikanIPA, Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto, M.Pd. (II) Metri Dian Insani, S.Si, M. Pd.

 

Kata kunci: multimedia pembelajaran, pendekatan saintifik, berpikir tingkat tinggi

Salah satuKompetensiDasar yang terdapatdalamKurikulum 2013 Revisi pada pelajaran IPA adalah KD 3.7yang membahas mengenai Sistem Peredaran Darah Manusia.Berdasarkanstudipendahuluan di salahsatu SMP di Kota Batudiketahuibahwasiswamengalamikesulitandalammemahamikonseppadamaterisistemperedarandarahmanusia.Kesulitansiswadalammemahamimateriberdampakpadahasilbelajarsiswayaitu 60% masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), halinimenunjukkanbahwapemahamansiswamasihrendah. Faktor yang menyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswaadalahkurangnya mediapembelajaran.Selain itu, Kurikulum 2013 menekankanpendekatansaintifikdalam proses pembelajaran. Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanmultimedia pembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikuntukmengembangkankemampuanberpikirtingkattinggipadamaterisistemperedarandarahmanusiauntuk siswa SMP kelas VIII.

Metodepengembangan yang digunakandalampenelitiandanpengembanganiniadalahFour-D Model.Kelayakandarimediadan RPP yang dikembangkandapatdiketahuidariujivalidasidanujiketerbacaan.Ujivalidasiterdiridariujivalidasi mediadan ujivalidasimateri.Selain itu, uji validasi RPP dilakukan oleh dosen ahli danujiketerbacaandilakukandenganmelibatkan 13 orang siswa SMP kelasVIII.

 

Hasilpengembanganberupa multimedia pembelajaranIPAdenganpendekatansaintifikuntukmengembangkankemampuanberpikirtingkattinggipadamaterisistemperedarandarahmanusiauntuk siswa SMP kelas VIII.Media iniberisipaparanmaterisistem peredaran darah manusia dan kegiatan latihan sebagai aktivitas siswa yang dilengkapi dengan gambar, video,dananimasi.Hasilujikelayakanolehahli media diperolehskor rata-rata 92,83% yang berarti sangat layak.Hasilujimateri olehahlimateri terhadap kebenaran konsep diperoleh 100% sangat layak, sedangkan kesesuaian konsep diperoleh 93,45% yang menunjukkan sangat layak. Hasilujiketerbacaandiperolehskor rata-rata 90,1% yang menunjukkan sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan tersebut makamultimedia pembelajaran yang dikembangkantelahmemenuhikriteriasangat layak untuk digunakan dan dapat diuji cobakan dalam skala yang lebih luas.