SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Abnormal Return dan Trading Volume Activity Sebelum dan Sesudah Penerapan Kebijakan Loan to Value (LTV) 2015

indiraning ratri

Abstrak


ABSTRAK

 

Ratri, Indiraning. 2017. Analisis Abnormal Return dan Trading Volume Activty Sebelum dan Sesudah Penerapan Kebijakan Loan to Value (LTV) tahun 2015. Skripsi, Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., Mcom, (II) Dr. Dodik Julardi, S.E, M.M, Ak.,

 

Kata Kunci : Loan to Value (LTV), abnormal return, dan trading volume activity

Loan to Value (LTV) adalah angka rasio antara nilai kredit yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk mengantisipasi pertumbuhan kredit pemilikan rumah dan properti yang terlalu rendah sehingga dapat mendorong peningkatan harga aset properti yang mencerminkan harga yang sebenarnya. Signalling Theory menyatakan bahwa jika informasi yang dikeluarkan perusahaan memiliki kandungan informasi yang kuat maka pasar akan bereaksi pada saat informasi tersebut dipublikasikan, sehingga abnormal return dan trading volume activity saham akan mengalami perubahan yang disebabkan adanya fluktuasi permintaan dan penawaran saham di pasar modal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan antara abnormal return dan trading volume activity saham sebelum dan sesudah penerapan kebijakan LTV 2015 pada perusahaan perbankan dan properti. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan yang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan sahamnya tercacat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode penelitian.

Berdasarkan kriteria tersebut, maka terpilih sebanyak 62 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik Paired Sample For Means Test untuk data berdistribusi normal, sedangkan untuk data berdistribusi tidak normal menggunakan alat analisis statistik non parametrik Wilcoxon Sign Rank Test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara abnormal return saham perbankan maupun saham properti sebelum dan sesudah penerapan LTV 2015, sedangkan untuk trading volume activity pada penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara trading volume activity saham perbankan maupun saham properti sebelum dan sesudah penerapan LTV 2015. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil dari penelitian ini, seperti: kandungan informasi, karakteristik perusahaan, perilaku investor, kondisi perekonomian, dan kepemilikan saham.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan kepada penelitian selanjutnya adalah agar lebih memperhatikan kondisi ekonomi makro terutama laju inflasi dan kurs mata uang, sehingga dapat memudahkan peneliti untuk mengetahui pengaruh dari penerapan kebijakan LTV.