SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENILAI PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGANALISIS INTERAKSI ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA SERTA DAMPAKNYA PADA DINAMIKA POPULASI

WAHYU AGYS SELVIANTI JAMAL

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamal, Wahyu Agus Selvianti. 2017. Pengembangan Asesmen Portofolio untuk Menilai Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Interaksi Antara Makhluk Hidup dengan Lingkungannya serta Dampaknya pada Dinamika Populasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang: Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd., M.Si., (2) Dra. Susilowati, M.S

 

Kata Kunci: asesmen portofolio, proses belajar, hasil belajar

 

            IPA pada hakikatnya adalah ilmu untuk mencari tahu, memahami alam semesta secara sistematik dan mengembangkan pemahaman ilmu pengetahuan. Dalam pembelajaran IPA dibutuhkan instrumen penilaian untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa dengan mengacu pada kegiatan siswa selama pembelajaran. Salah satu instrumen penilaian yang dapat menilai proses dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan penilaian portofolio. Kenyataan di lapangan menunjukkan penilaian portofolio di sekolah masih menilai hasil belajar siswa secara berkelompok dan penilaian portofolio yang digunakan masih belum mengacu dengan pendekatan Scientific. Penilaian portofolio harusnya menilai proses dan hasil belajar siswa secara mandiri untuk menghargai pekerjaan siswa satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan penilaian portofolio yang layak dan mendeskripsikan kelayakan portofolio dalam pembelajaran menganalisis interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta dampaknya pada dinamika populasi.

            Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penilaian portofolio. Subjek penelitian ini melibatkan siswa SMPN 1 Wagir semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa di kelas VIIA. Data proses dan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pekerjaan siswa mengerjakan LK pada bahan ajar. Proses siswa dilihat dari siswa mengerjakan LK mengamati, LK menanya, LK mencoba, LK mengasosiasi, LK mengkomunikasikan, jurnal siswa, dan soal evaluasi. Hasil belajar dinilai dari pekerjaan siswa secara individu yaitu LK mengamati, LK menanya, jurnal siswa, dan soal evaluasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian portofolio layak digunakan untuk menilai proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil validasi dari pakar asesmen dan guru IPA. Penilaian portofolio sudah praktis digunakan, hal tersebut dapat dilihat dengan skor kepraktisan yang didapat dari siswa dan guru. Pada uji coba juga didapatkan hasil pekerjaan siswa mengalami peningkatan dan penurunan pada setiap pertemuan, hal tersebut disebabkan oleh sulitnya materi pada tiap pertemuan dan jam efektif yang digunakan di sekolahh berubah-ubah.