SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA Digital Materi Listrik Statis dan Kelistrikan pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas IX

Nur Fuaidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fuaidah, Nur. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Digital Materi Listrik Statis dan Kelistrikan pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas IX. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil, S.Pd.,M.Si. (II) Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: bahan ajar digital, listrik statis dan kelistrikan pada makhluk hidup

 

Hasil observasi di SMP/MTs di Kabupaten Malang dan Pasuruan diketahui bahwa siswa memiliki kesulitan dalam memahami materi listrik statis dan kelistrikan pada makluk hidup, dan memiliki motivasi yang rendah untuk belajar mandiri. Hal ini dikarenakan buku yang digunakan di sekolah tersebut tidak memiliki banyak gambar/ilustrasi tentang penjelasan materi yang sulit divisualisasikan. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran berupa bahan ajar IPA digital yang dibuat dalam bentuk flipbook untuk memudahkan siswa memahami materi listrik statis dan kelistrikan pada makhluk hidup yang sulit divisualisasikan.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar IPA digital materi listrik statis dan kelistrikan pada mahluk hidup serta mengetahui kelayakan bahan ajar IPA digital yang dikembangkan.

Metodepengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4-D Thiagarajan, dkk. Kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan dapat diketahui dari uji validasi dan uji keterbacaan kelompok kecil. Uji validasi dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media dari dosen fisika Universitas Negeri Malang. Uji keterbacaan kelompok kecil dilakukan dengan melibatkan 15 orang siswa MTs Islamiyah Sukopuro kelas IX yang telah menempuh materi listrik statis dan kelistrikan pada makhluk hidup. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil angket adalah teknik analisis deskriptif. Pada soal evaluasi dilakukan uji validasi empiris butir soal dari jumlah soal 27, terdapat 12 soal yang dinyatakan valid. Dari 12 soal tersebut memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,554 dengan tingkat kriteria cukup tinggi, namun yang dimasukkan dalam media hanya 8 butir soal yang sudah dinyatakan valid.

Hasil pengembangan media pembelajaran berupa bahan ajar IPA digitalyang dibuat dalam bentuk flipbook yang dapat diakses pada komputer atau laptop. Hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 78,8% dengan kriteria layak, hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 77,1% dengan kriteria layak, hasil uji keterbacaan kelompok kecil oleh 15 siswa SMP kelas IX diperoleh skor rata-rata 82,9% dengan kriteria layak, dan hasil uji keterbacaan oleh Guru IPA SMP diperoleh skor rata-rata 82,1% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar IPA digital materi listrik statis dan kelistrikan pada makhluk hidup untuk SMP/MTs kelas IX yang valid dan layak digunakan.