SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Science Edutainment pada Tema Bumi untuk Siswa SMP kelas VII

Mahmudah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahmudah. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif Science-Edutainment pada Tema Bumi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Pd., (II) Erni Yulianti, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, science-edutainment, bumi

 

Pembelajaran IPA pada hakikatnya dapat dipandang dari dua sudut, yaitu IPA sebagai produk dan IPA sebagai proses. Baik IPA sebagai produk maupun IPA sebagai proses, IPA mempelajari sebuah fakta atau fenomena. Idealnya sebuah pembelajaran IPA dimulai dengan fakta atau fenomena. Pengamatan fenomena alam dalam kegiatan pembelajaran IPA dapat bermanfaat  bagi pemenuhan rasa ingin tahu siswa. Media pembelajaran dapat membantu memvisualisasikan keadaan submikroskopis yang tidak dapat diamati langsung oleh siswa. Media pembelajaran yang baik adalah media yang interaktif. Multimedia interaktif merupakan kumpulan media yang dapat membantu siswa mengamati fenomena dan memunculkan rasa ketertarikan siswa untuk menemukan suatu konsep. Pembelajaran edutainment memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dan menikmati kegiatan pembelajaran. Pendekatan edutainment yang dipadukan dengan media pembelajaran multimedia interaktif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif science-edutainment pada tema bumi untuk siswa SMP kelas VII yang layak dan valid.

Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model penelitian 4D tanpa tahap desiminate. Kelayakan produk yang dikembangkan diperoleh dari validasi produk dan uji keterbacaan. Validasi produk meliputi validasi media dan validasi materi yang dilakukan oleh 1 dosen fisika UM. Validasi materi dilengkapi dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen evaluasi. Uji keterbacaan terbatas dilakukan pada 2 orang guru dan 15 orang siswa di SMP N 1 Karangploso yang telah menempuh materi tentang bumi.

Berdasarkan hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli, produk dinyatakan layak dengan persentase 76,4% untuk kelayakan media dan 88,5% untuk kelayakan materi. Pada uji keterbacaan diperoleh persentasi sebesar 91,3% oleh guru dan 93,5% oleh siswa, yang berarti sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajran IPA SMP kelas VII pada tema bumi. Dengan demikian multimedia interaktif science-edutainment pada tema bumi untuk siswa SMP kelas VII dinyatakan layak dan valid.