SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Subbab Cermin Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII

Eni Setyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyowati, Eni. 2016. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Subbab Cermin Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII. Skripsi, Prodi Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sutopo, M.Si, (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, cermin datar, pemahaman konsep.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada materi cermin datar dan mendeskripsikan proses pembelajaran inkuiri terbimbing. Pemahaman konsep sangat diperlukan untuk siswa yang sudah mengalami proses pembelajaran. Pemahamanan konsep ini berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep tersebut. Pembelajaran inkuiri dikembangkan agar siswa dapat menemukan dan menggunakan berbagai sumber informasi dan ide-ide untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang masalah, topik atau isu tertentu. Melalui pembelajaran ini, diharapkan pemahaman konsep siswa pada materi cermin datar meningkat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method jenis embedded experimental model. Dalam pembelajaran ini subbab cermin datar dibagi menjadi dua topik yaitu pembentukan bayangan pada cermin datar dan jumlah bayangan pada dua cermin datar yang membentuk sudut. Data dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi proses pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi foto/video. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest siswa. Hasil pretest dan posttest ini dianalisis dengan statistik deskriptif, uji beda, d-effect size dan N-gain.

Pembelajaran inkuiri dilakukan melalui enam tahap yaitu mengamati fenomena, merumuskan masalah, merumuskan jawaban pertanyaan, merumuskan penjelasan, menghubungkan dengan pengetahuan ilmiah, mengkomunikasikan dan penguatan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kekuatan peningkatan pembelajaran inkuiri terbimbing didapatkan nilai d-effect size 2,32 yang termasuk kategori tinggi sekali. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain yaitu 0,47 yaitu dalam kategori medium-atas. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan inkuiri terbimbing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Setyowati, Eni. 2016. Guided Inquiry Learning on Flat Mirror Section to Increase the Class VIII Students Understanding of the Concept. Thesis, Science Education, Faculty of Science, State University of Malang. Supervisor: (1) Dr. Sutopo, M.Si, (II) Vita Ria Mustikasari, S.Pd., M.Pd.

 

Keywords: guided inquiry, flat mirror, the understanding of the concept.

 

This study aims to determine the effect of guided inquiry learning on the students' understanding of the concept on flat mirror material and describe the process of guided inquiry learning. The understanding of the concept is very necessary for students who have been experiencing the learning process. The understanding of this concept is useful to solve the problems related to the concept. Inquiry learning is developed in order that students can find and use a variety of information sources and ideas to improve their understanding of the specific problems, topics or issues. Through this study, it is expected that the students understanding of the concept on flat mirror material increases.

This study uses a mixed method research with the type of embedded experimental models. This learning flat mirror material is divided into two topics, namely the formation of shadows on a flat mirror and the amount of shadow on the two flat mirror at an angle. The data of this study are both qualitative and quantitative. The qualitative data are obtained from the observation of the learning process, interview, and photo documentation or video. While quantitative data are obtained from the students score of pretest and posttest. The pretest and posttest results are analyzed using descriptive statistics, different test, d-effect size and N-gain.

Inquiry learning is done through six stages, namely: observing the phenomena, formulating the problem, formulating the answers to questions, formulating explanations, connecting with scientific knowledge, communicating and reinforcement. Based on the result of data analysis it shows that the strength of guided inquiry learning is obtained d-effect size 2.32 values which is categorized into very high. While the average value of the N-Gain is 0.47 which is categorized into medium-upper. From these results it is concluded that there is an increase of the students understanding of the concept after participating in learning with guided inquiry.