SKRIPSI PRODI PENDIDIKAN IPA - FAKULTAS MIPA UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Pendekatan SETS pada Materi Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan sebagai Peluang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII

Yeni Cahyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningsih, Yeni. 2016. Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Pendekatan SETS pada Materi Sifat Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan sebagai Peluang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si., (II) Metri Dian Insani, S.Si., M.Pd.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, SETS, Sifat Bahan

 

Pembelajaran IPA untuk SMP diajarkan sebagai mata pelajaran yang terpadu dengan menyajikan berbagai konsep IPA dari berbagai sudut pandang. Materi sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan merupakan materi baru untuk siswa SMP kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013. Salah satu komponen penting yang diperlukan untuk membantu proses pembelajaran adalah ketersediaan bahan ajar. Bahan ajar yang tersedia saat ini adalah buku teks pelajaran yang diterbitkan oleh pemerintah berupa buku pegangan siswa dan buku panduan guru. Namun dalam bahan ajar tersebut masih kurang dalam menyajikan konsep pemanfaatan dan dampak pemanfaatan bahan bagi kehidupan. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah mengembangkan bahan ajar yang memuat konsep-konsep sains tentang sifat-sifat berbagai bahan tertentu dan pemanfaatannya bagi kehidupan masyarakat beserta dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan bahan tersebut. Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan konsep sains atau IPA dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Pendekatan SETS diharapkan mampu memberikan solusi terkait kekurangan pada bahan ajar yang tersedia saat ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku pegangan siswa dan buku panduan guru yang ditinjau dari aspek materi, konstruk, danbahasa.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D dengan mengambil tiga tahap yaitudefine, design, dan develop. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh dosen IPA sebagai ahli materi dan ahli media. Produk yang divalidasi kemudian diperbaiki kekurangannya, selanjutnya diujicobakan secara terbatas kepada dua orang guru IPA dan 12 siswa kelas VIII SMPN 1 Pogalan Trenggalek sebagai pengguna produk yang dikembangkan. Jenis data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa angket yang disertai komentar dan saran. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data nilai rerata.

Berdasarkan uji kelayakan ahli materi dan ahli media diperoleh nilai rata-rata kelayakan produk 93,33% dan 92,14% untuk buku pegangan siswa, 93,33% untuk buku panduan guru. Hasil uji coba keterbacaan diperoleh nilai rata-rata 93,59% untuk buku pegangan sisw adan 94% untuk buku panduan guru. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini secara umum memiliki criteria sangat layak.