SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penguatan pendidikan karakter santri di pondok pesantren miftahul huda kota malang

Muhammad Arif Taufiq

Abstrak


Abstrak

Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Nonformal, Pondok Pesantren

Karakter yang melekat pada diri manusia tak haya dikembangkan dalam kehidupan secara langsung melalui interaksi dan komunikasi saja.salah satu cara untuk membangun karakter adalah melalui pendidikan yang ada, baik itu pendidikan di keluarga, masyarakat, atau pendidikan formal disekolah harus menanamkan nilai-nilai untuk pembentukan karakter. Penerapan pendidikan karakter di Indonesia terdapat kesenjangan sosial yang memunculkan krisis pendidikan karakter yang tidak lagi menjurus pada nilai-nilai luhur.Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di lingkungan formal saja seperti sekolah, pada praktiknya sekolah tidak bisa mengontrol pergaulan para siswa pada teman sebaya maupun dalam lingkungan masyarakat.Namun pendidikan karakter juga bisa dilaksanakan di lingkungan pendidikan non-formal seperti halnya pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam untuk memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran islam dengan menekankan pentingnya moral agama sebagai pedoman dalam hidup dalam bermasyarakat.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan:

(1) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

(2) Bentuk-bentuk penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

(3) Kendala pelaksanaan penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

(4) Solusi dari kendala pelaksanaan penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang

Metode Penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan instrument aktif dalam upaya-upaya mengumpulkan data dilapangan yaitu di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Prosedur pengumpulan data meliputi wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi.Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian:

(1) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang.

(2) Bentuk-bentuk penguatan pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang meliputi:

(1) Olah hati yang diimplementasikan dalam bentuk penguatan pendidikan karakter melalui pengajian kitab kuning.

(2) Olah rasa yang diimplementasikan dalam bentuk penguatan karakter melalui; a)penguatan pendidikan karakter oleh sesama santri, b)penguatan pendidikan karakter oleh pengasuh.

(3) Olah pikir yang diimplementasikan dalam bentuk penguatan pendidikan karakter melalui Madrasah diniyah Matholi’ul Huda. Dan

(4) Olah raga yang diimplementasikan dalam bentuk penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan malam Jum’at.

Saran untuk Pondok Pesntren Miftahul Huda Kota Malang agar lebih menjaga dan menjunjung tinggi adat serta tradisi di pesantren agar tradisi yang telah ada tidak pudar.Kemudian, lebih menumbuhkan nilai karakter yang positif dan bermanfaat untuk dicontohkan kepada santri-santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda.Serta selalu memperhatikan karakter santri-santri jika mulai menunjukkan dekadensi karakter oleh sebab itu, upayakanlah penguatan karakter yang sesuai dengan karakter di lingkungan pondok Pesantren Miftahul Huda yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.