SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Adaptasi Mahasiswa Pendatang Yang Menempuh Pendidikan di kota Malang

Zuhri. Muhammad saifudin

Abstrak


ABSTRAK

Zuhri, Muhammad Saifudin 2016. Pola Adaptasi Mahasiswa Pendatang yang Menempuh Pendidikan di Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si, (2) Drs. Margono, M.Pd, M.Si

Kata Kunci: Pola Adaptasi, Mahasiswa Pendatang

Kota Malang disebut sebagai kota pendidikan. Kota pendidikan adalah kota yang mampu menerima proses pembauran budaya dari etnis pendatang. Kota  Malang menyediakan sarana pendidikan mulai dari tingkat dasar , menengah dan tinggi untuk mendukung animo masyarakat luar yang berkeinginan utuk mengikuti pendidikan di kota ini. Malang harus menyediakan tempat tinggal sementara bagi mahasiswa. Kebutuhan tempat tinggal sejenis kos dan asrama menjadi kebutuhan utama bagi pendatang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 3 masalah yaitu: 1). kondisi yang di hadapi oleh mahasiswa pendatang yang menenmpuh pendidikan di kota malang; 2). pola adaptasi sosial yang dilakukan mahasiswa pendatang yang menempuh pendidikan di kota malang; dan 3). bentuk-bentuk kegagalan adaptasi sosial mahasiswa pendatang di kota malang.

Penelitianini dilakukan pada mahasiswa jawa dan luar jawa di kota Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Menurut Sugiarto( 2015:8-9)Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya dan bertujuan mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif, proses dan makna berdasarkan perspektif subyek lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif.Instrumen dalam penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri (human instrument). Dalam hal ini penelitilah yang menjadi instrument kunci. Penelitilah yang menentukan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, menganalisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas temuannya.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa: Pertama, kondisi yang dihadapimahasiswapendatang yang menempuhpendidikan di kota Malang yaitu, perbedaanbahasa, gayaberpakaian, lingkunganbelajar, teknologi, dansistempendidikanperguruantinggiyang berbedadengansistempendidikanpadasaatmereka SMA. Kedua, polaadaptasisosial yang dilakukanolehmahasiswapendatang yang menempuhpendidikan di kotamalangadalah, adaptasidilingkunganmasyarakatdenganmemahamibudayayangada, sedangkanpolaadaptasi dilingkungankampusdenganmemahamibahasawalikankota Malang danpolaadaptasidilingkungankos-kosandengancaramengontroldiriagar tidakterpengaruhterhadaphal-halnegatifsepertipergaulanbebas. Ketiga, bentukkegagalanadaptasisosialmahasiswapendatang yang menempuhpendidikan di kota Malang adalahperilakupasifdalamlingkunganmasyarakatdikarenakanperbedaanbahasa, norma, danbudaya