SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS X PD-d SMK NEGERI 4 MALANG

Normasfila Imah

Abstrak


ABSTRAK

Normasfila, Imah. 2019 PeningkatanHasilBelajarSiswaDenganMenggunakan Model Discovery Learning PadaPembelajaranPPKn di Kelas X PD-d SMK Negeri 4 Malang  .Skripsi, Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan, JurusanHukumdanKewarganegaraan, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing (1) Dr. NurWahyuRochmadi. M.P.d, M.S.i (2) Dr. Hj. Yuniastuti, SH, M.Pd

Kata Kunci: Model Discovery Learning, hasilbelajar

Pembelajaranpadadasarnyamerupakanupayauntukmengarahkanpesertadidikkedalam proses belajarsehinggamerekadapatmemperolehtujuanbelajarsesuaidenganapa yang diharapkan.Pembelajarandenganmenggunakan model discovery learning diharapkanbisamenarikminatbelajarsiswauntukmendapatkanhasilbelajar yang maksimal.Denganrumusanmasalahyaitu “BagaimanaPeningkatanHasilBelajarSiswaDenganMenggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning PadaPembelajaranPPKn di Kelas X PD-d SMK Negeri 4 Malang”

Berdasarkanhasilobservasi di SMK Negeri 4 Malang hasilbelajarsiswakelasX PD-dmasih di bawah KKM, penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarPPKn, melalui model pembelajarandiscovery learning.

Metodepenelitianyang digunakandalampenelitianiniadalahmengacupada model penelitiantindakankelasKemmisdan Mc. Taggart yang terdiridaritahapperencanaan, pelaksanaantindakan, observasidanrefleksi.Adapunrumusanmasalahnyasebagaiberikut: “BagaimanaPeningkatanHasilBelajarSiswadenganMenggunakan Model Discovery Learning padaPembelajaranPPKn di Kelas X PD-d SMKNegeri 4 Malang”.

Perencanaandanpengembangan proses pembelajaranmelaluipenerapanpembelajaran discovery learning dilakukanbersama guru. Dalam proses pembelajaranpadasetiaptindakansiswadiarahkanmenggunakanpembelajaran discovery learning. Berdasarkan data yang diperolehselamapenerapan model pembelajaran discovery learning menggunakanduasiklus.Menunjukkanbahwapenerapan model discovery learning untukmeningkatkanhasilbelajarsiswa yang signifikanpadasetiapsiklusnya.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaan model discovery learning dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPPKn. Dapatdilihatdarinilaisiklus I denganpresentasekelulusansebesar 60% dannilai rata-rata sebesar 70, sedangkansiklus II presentasekelulusansebesar 96% dannilai rata-rata sebesar 83,5.