SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Amiro Anna

Abstrak


ABSTRAK

Amiro, Anna. 2019. Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Islam

Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparman A.W, M.Hum, (II) Dr. Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum.

Kata kunci: pembentukan karakter, santri Masuknya era global ke Indonesia dapat menimbulkan adanya dampak positif dan negatif.

Dilihat dengan adanya kemajuan tekhnologi yang semakin maju merupakan salah satu bentuk dari dampak positif. Selain adanya dampak positif, muncul juga dampak negatif dari budaya barat yang dapat mengkhawatirkan bagi bangsa Indonesia. Budaya asing yang masuk ke Indonesia dikhawatirkan dapat melemahkan bahkan melunturkan nilai dan moral bangsa Indonesia. Pembentukan karakter tidak cukup hanya mengandalkan suatu pendidikan dari pendidikan yang di selenggarakan di sekolah saja, diperlukan kerja sama dan dukungan dengan lembaga pendidikan diluar sekolah, diantaranya melalui pendidikan pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara non klasikal, dimana seorang kyai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santrisantri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa arab oleh para Alim Ulama pada abad pertengahan, dan para santri biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai

(1) apa saja nilai karakter yang dibelajarkan di Pondok Pesantren Isam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,

(2) bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,

(3) kendala yang ada dalam pola pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,

(4) upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala yang ada di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan:

(1) wawancara mendalam;

(2) dokumentasi;

(3) observasi. Analisis data yang digunakan mencari tentang pola pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dengan menggunakan teori Miles dan Huberman:

(1) tahap reduksi data;

(2) tahap pemaparan, dan

(3) tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa

(1) Nilai karakter yang diajarkan di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang ada delapan nilai karakter yaitu : kesopanan, kesederhanaan, keikhlasan, kemandirian, disiplin, religius, kejujuran, tanggung jawab,

(2) pembentukan karakter santri di

ii pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dilihat dengan adanya tahapan yang diterapkan untuk membentuk karakter pada santrinya. Adapun tahap yang diajarkan di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal dalam membentuk karakter pada santrinya adalah dengan memberikan pengertian dan memberikan contoh,

(3)kendala yang dihadapi dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dilihat kendala yang dihadapi yaitu latar belakang keluarga santri yang berbeda dan keberagaman latar belakang pendidikan setiap santri,

(4) upaya mengatasi kendala dalam membentuk karakter pada santri di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dapat dilihat melalui upaya yang dilakukan oleh pengasuh dan guru di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal dan guru yaitu memahami setiap karakter individu para santri dan meningkatkan pendidikan umum dengan pendidikan kitab kuning yang juga merupakan landasan yang digunakan oleh pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal dalam membelajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan kepada santrinya. Saran yang dapat disampaikan seyogyanya pengasuh pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal dapat memberikan sedikit perhatian mengenai adanya pendidikan umum di pondok pesantren tersebut agar terjadi keseimbangan antara pendidikan agama yang diperoleh dalam kegiatan sehari-hari para santri dan juga pendidikan umum. Serta santri di pondok pesantren Islam Salafiyah Darul Jalal seyogyanya diharapkan dapat lebih beradaptasi dengan lingkungan pondok agar tercipta suasana belajar mengajar yang menyenangkan.