SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penanaman Nilai Demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari

Al fiansyah Alif

Abstrak


ABSTRAK

Al Fiansyah, Alif. 2019.Penanaman Nilai Demokrasi dalam Kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Margono, M. Pd. M. Si., (2) Dr. H. A. Rosyid Al Atok, M. Pd. M. Hum.

Kata kunci: Penanaman, Demokrasi, Nilai, Kegiatan OSIS.

Indonesia merupakan negara yang berdemokrasi, demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam mengambil keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara mendukung terciptanya masyarakat yang aman, adil, dan sejahtera. Maka dari itu, perlu adanya suatu pendidikan yang diberikan kepada masyarakat mengenai apa itu demokrasi agar nilai- nilai demokrasi itu dapat berjalan dengan baik. Pemahaman peserta didik SMA pada nilai demokrasi sangat penting di lingkungan sekolah, dengan memiliki pemahaman  yang baik akan perilaku sesuai nilai-nilai yang terkadung dalam nilai-nilai demokrasi. Organisasi siswa di SMA Negeri 1 Purwosari yaitu OSIS untuk bisa menanamkan nilai-nilai demokrasi di semua anggota OSIS. SMA Negeri 1 Purwosari sebagai tempat penelitian karena belum ada penelitian karena berdasarkan informasi belum ada penelitian mengenai penerapan nilai-nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di sekolah ini.

Penanaman Nilai Demokrasi dalam Kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari, tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan:

(1) Nilai demokrasi yang ada dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari;

(2) Penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari;

(3) Faktor pendorong dalam penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari;

(4) Kendala dalam penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari; dan

(5) Upaya mengatasi kendala penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala SMA Negeri 1 Purwosari, Pembina OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari, Ketua OSIS SMA Negeri 1 Purwosari dan Anggota OSIS SMA Negeri 1 Purwosari. Data dan informasi yang didapatkan oleh peneliti menggunakan: observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan cara hasil penelitian analisis interaktif, proses analisis yang dilakukan dalam 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data di mana membandingkan hasil temuan dengan sumber, metode dan teori yang ada. Berikut ialah tahap penelitian di mana terdapat tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.

Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan kemudian dijabarkan sebagai berikut. Pertama, nilai demokrasi yang ada dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari ialah musyawarah mufakad; persatuan dan solidaritas; kekeluargaan dan gotong-royong; keadilan; toleransi; perwakilan. Kedua, penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari, anggota OSIS  dengancara nilai-nilai demokrasi diwujudkan dalam setiap kegiatan OSIS SMA Negeri 1 Purwosari secara konkrit, agar di dalam OSIS tetap menjaga kekompakan dan selalu mengedepankan nilai-nilai demokrasi dalam menunjang kegiatan OSIS yang berlandaskan demokrasi. Ketiga, faktor pendorong dalam penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari yakni

(1) antusiame anggota OSIS dalam mengikuti kegiatan;

(2) kerja sama dengan ekstrakulikuler lain;

(3) kewajiban pendidikan kewarganegaraan;

(4) dukungan dari pihak sekolah;

(5) dukungan dari orang tua. Keempat, kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai demokrasi dalam  kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari yakni

(1) kurangnya kesadaran anggota OSIS, ada beberapa anggota OSIS yang kurangnya kesadaran tentang demokrasi.

(2) kurangnya komunikasi dengan ekstrakulikuler lain, kurangnya komunikasi dengan ekstrakulikuler lain karena OSIS sendiri sebagai wakil dari sekolah selalu memberikan bantuan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun oleh pihak ekstrakulikuler lain di SMA Negeri 1 Purwosari.

(3) persamaan waktu kegiatan OSIS dengan waktu pelajaran, persamaan waktu kegiatan OSIS dengan mata pelajaran yang mana kali jadwal kegiatan OSIS terjadi bersamaan dengan jam pelajaran berlangsung, sehingga sering kali anggota OSIS terpecah bela untuk mengikuti pelajaran atau mengikuti kegiatan OSIS.

(4) kurangnya sarana dan prasarana, tidak akan efektif apabila sekolah tidak mendukung penuh seluruh kegiatan OSIS.

(5) lingkungan masyarakat yang kurang baik, Banyak hal yang tidak bisa terpantau oleh pihak guru sehingga pihak sekolah berharap penuh kepada orang tua siswa agar tidak anaknya tidak terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baikKelima, Upaya mengatasi kendala penanaman nilai demokrasi dalam kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari sebagai berikut;

(1) kendala kurangnya kesadaran anggota OSISdiselesaikan dengan cara lebih menekan lagi kesadaran anggota OSIS tentang demokrasi.

(2) Kendala kurangnya komunikasi dengan ekstrakulikuler lain diselesaikan dengan menjalin komunikasi yang baik dengan ekstrakulikuler lain.

(3) Kendala persamaan waktu kegiatan OSIS dengan waktu pelajarandiselesaikan dengan cara membuat waktu kegiatan yang berbeda dengan waktu mata pelajaran.

(4) Kendala kurangnya sarana dan prasarana diselesaikan dengan cara pengajuan penambahan sarana dan prasarana.

(5) kendala lingkungan masyarakat yang kurang baik diselesaikan dengan cara menghindari lingkungan masyarakat yang kurang baik.

Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh saran sebagai berikut: Bagi SMA Negeri 1 Purwosari hendaknya mendukung penuh kegiatan OSIS SMA Negeri 1 Purwosari untuk selalu melakukan penanaman nilai demokrasi dalam setiap kegiatan OSIS .Bagi anggota OSIS SMA Negeri 1 Purwosari hendaknya selalu menanamkan nilai demokrasi dalam setiap kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Purwosari maupun kegiatan di luar SMA Negeri 1 Purwosari.Bagi mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada calon peneliti lain untuk melakukan penelitian tentang Penanaman nilai demokrasi.