SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN UKM TEATER HAMPA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Christy Ayu Rahmadhani

Abstrak


ABSTRAK

Christy, Ayu Rahmadhani Eka. 2019. Penguatan Nilai-Nilai Karakter Pada Kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Nur Wahyu Rohmadi, M.Pd., M.Si. (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum.

Kata Kunci: nilai karakter, teater, UKM Teater Hampa Indonesia

Indonesia sebagai bangsa yang berkebudayaan merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur, akhlak yang mulia, serta budi pekerti yang baik. Dalam rangka mewujudkan karakter bangsa yang unggul maka harus diimbangi dengan adanya pendidikan karakter, pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, pendidikan, dan lingkungan masyarakat. Penguatan nilai-nilai karakter pada dasarnya juga dapat diperoleh melalui interaksi dengan keluarga, sekolah, teman, maupun lingkungan sekitar individu, selain itu nilai-nilai karakter juga diperoleh dari pembelajaran secara langsung atau pengamatan terhadap orang lain. Dalam hal ini, salah satu cara untuk menanamkan dan menguatkan nilai-nilai karakter pada seseorang dapat diberikan juga melalui kegiatan bermain peran (teater) agar proses penguatan karakter dapat berjalan menyenangkan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan 4 hal, yaitu: menjelaskan nilai-nilai karakter yang terdapat pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang; menjelaskan bentuk penerapan penguatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pelaksanaan kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang; menjelaskan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan yang terkandung penguatan nilai-nilai karakter pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang; menjelaskan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala pelaksanaan kegiatan yang mengandung penguatan nilai-nilai karakter pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian adalah pendamping, ketua umum, dan anggota UKM Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber.

Hasil analisis dalam penelitian ini menghasilkan empat simpulan, pertama Nilai-nilai karakter yang terdapat pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia yaitu nilai religius, nilai cinta tanah air, nilai solidaritas, nilai peduli sosial, nilai percaya diri, nilai tanggung jawab, nilai kerja sama, nilai rasa ingin tahu, nilai kreatif, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kejujuran; kedua penguatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pelaksanaan kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia termuat secara implisit ke dalam kegiatan Raker, Larut, Diklat, produksi, dan Perang. Bentuk penguatan nilai-nilai karakter pada anggota dilakukan dengan cara pembiasaan secara intens dan berkelanjutan pada setiap kegiatan melalui komentar, gerak tubuh, pendekatan antaranggota, dan pemberian hukuman sehingga harapannya anggota terbiasa dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; ketiga kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan yang terkandung penguatan nilai-nilai karakter pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia yaitu anggota kurang konsisten dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di UKM Teater Hampa Indonesia, adanya anggota yang memiliki tugas ganda, anggota merasa jenuh dan bosan dengan sistem latihan yang lama; keempat upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan kegiatan yang mengandung penguatan nilai-nilai karakter pada kegiatan UKM Teater Hampa Indonesia yaitu menyamakan komitmen para anggota terhadap organisasi, adanya pembagian tugas yang jelas pada anggota, dan bersikap profesional.

Saran dari penulis  pertama bagi pihak Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, hasil penelitian ini sebaiknya dapat dijadikan sebagai bahan pustaka bagi pengembangan pengetahuan nilai-nilai karakter dalam Pendidikan moral dan karakter; kedua bagi pihak UKM Teater Hampa Indonesia, hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan kebijakan untuk mengembangkan UKM Teater Hampa Indonesia yang lebih baik dan dapat dijadikan sebagai salah satu sarana evaluasi dalam seluruh kegiatan sehingga kelangsungan kegiatan tersebut mampu membuat seluruh anggota berkarakter dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; ketiga bagi peneliti dengan hasil penelitian ini diharapkan peneliti dapat lebih cermat dan berinovasi dalam pembuatan karya atau penelitian berikutnya sehingga penelitian selanjutnya dapat lebih bervariasi dari sudut teori maupun dalam penyusunannya; keempat bagi mahasiswa lain, hendaknya perlu diadakan penelitian lanjutan mengenai penguatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan berteater sehingga penanaman dan penguatan karakter dapat dilakukan dengan cara yang lebih bervariasi lagi.