SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 1 DUKUN KABUPATEN GRESIK

HIDAYATUL AFIDAH

Abstrak


Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di kelas VII B SMP Negeri 1 Dukun Gresik guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menggunakan metode konvensional yakni ceramah dan tanya jawab. Sehingga siswa kurang motivasi dan minat pada proses pembelajaran, siswa bosan dan pasif saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini yakni

(1) penggunaan media pembelajaran permainan engklek sudah dalam kategori baik. Siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, berani bertanya dan menjawab pertanyaan, serta tidak ragu dalam mengemukakan pendapat. Siswa sangat antusias dengan permainan engklek, karena siswa bermain sambil belajar sehingga suasana belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

(2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan tradisional engklek kelas VII B meningkat, nilai KKM Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni 75. Berdasarkan data yang ditemukan pada obsevasi awal, pada siklus I, dan siklus ke II. Pada observasi awal terdapat 24 siswa yang mengikuti tes dan hanya 7 (29%) siswa yang tuntas. pada siklus I terdapat 23 siswa yang mengikuti tes dan siswa yang tuntas ada 13 (57%). Pada siklus II terdapat 23 siswa yang mengikuti tes dan siswa yang tuntas ada 19 (83%). Dikarenakan persentase ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 83% maka tindakan tersebut memenuhi kriteria yakni dengan persentase minimal 75%. Sehingga tidak diperlukan untuk melakukan siklus berikutnya. Saran dari peneliti dengan menggunakan media permainan engklek yang digabungkan dengan metode dan model pembelajaran yang aktif dan kreatif, media permainan engklek ini dapat meningkatkan keaktifan dan kerjasama serta meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti lain diharapkan dapat memberikan variasi baru dalam penelitian selanjutnya, misalnya digabungkan dengan penggunaan teknologi agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung.

Kata kunci:  Media Pembelajaran, Permainan Tradisional Engklek, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan