SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Perilaku Menyimpang pada Siswa di SMA Negeri 1 Lawang

Muhammad Khafid Febriyanto

Abstrak


Abstrak

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pola perilaku menyimpang pada siswa yang ada di SMA Negeri 1 Lawang. Masa remaja merupakan tahap perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang ditandai oleh perubahan fisik umum serta perkembangan kognitif dan sosial. Dalam mengalami masa tersebut, anak akan mendapatkan pengaruh-pengaruh baik dari luar maupun dari dalam. Lingkungan pun memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membentuk perilaku anak.

Kata kunci: Perilaku, Remaja, Perilaku Menyimpang

Abstract

In this article, will explain about the patterns of deviant behavior in students in SMA 1 Lawang.  Adolescence is a developmental stage between childhood and adulthood characterized by general physical changes and cognitive and social development.  In experiencing this period, children will get influences both from the outside and from within.  The environment also has a considerable influence in shaping children's behavior.

Keyword: Behavior, Teenager, Deviant Behavior

Masa remaja merupakan tahap perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang ditandai oleh perubahan fisik umum serta perkembangan kognitif dan social. Masa remaja dimuali pada saat anak secara seksual menjadi matang dan berakhir saat ia mencapai usia matang secara hokum (Hurlock dalam Ramadan, 2013: 10). Melihat kondisi tersebut apabila didukung oleh lingkungan yang kurang kondusif dan sifat kepribadian yang kurang baik akan menjadi pemicu timbulnya berbagai penyimpangan perilaku dan perbuatan-perbuatan