SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Kepemimpinan Kepala Desa dalam Mewujudkan Partisipasi Masyarakat di Bidang Pembangunan Desa Prasi Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo

Suhesti Putri Neneng

Abstrak


ABSTRAK

Suhesti, Putri Neneng. 2019. Peran Kepemimpinan Kepala Desa dalam Mewujudkan Partisipasi Masyarakat di Bidang Pembangunan Desa Prasi Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si (II) Dr. Sri Untari, M.Si

Kata Kunci: Peran kepemipinan, kepala desa, partisipasi masyarakat.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pemahaman partisipasi masyarakat yang seringkali memiliki pengertian sebagai dukungan yang harus diberikan oleh masyarakat pada suatu keputusan pemerintah saja. Oleh karena itu, ukuran yang dipakai adalah sejauh mana masyarakat menanggapi, melaksanakan dan mau mengikuti kehendak pemerintah tersebut, sehingga lebih bersifat top down. Apabila masyarakat tidak patuh dan tidak mendukung sepenuhnya program dari pemerintah, maka masyarakat akan dianggap tidak berpartisipasi dalam pembangunan. Dalam pandangan ini, sebenarnya masyarakat lebih dilihat sebagai objek pembangunan bukan sekaligus subjek atau bagian dari pelaku pembangunan. Padahal partisipasi masyarakat merupakan kerjasama antara rakyat dan pemerintah dalam merencanakan, melaksanakan, melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui peran kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat khususnya dalam bidang pembangunan di Desa Prasi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal, yaitu

(1) peran kepemimpinan kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan desa Prasi,

(2) partisipasi masyarakat di bidang pembangunan desa Prasi,

(3) kendala-kendala yang dihadapi kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan Desa Prasi, dan

(4) usaha mengatasi kendala-kendala yang dihadapi kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan Desa Prasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen utama penelitian ini. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Prasi Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara dan dokumen yang mendukung penelitian. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi teknik dan sumber maupun meningkatkan ketekunan pengamatan.

Berdasarkan analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mengenai peran kepemimpinan kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan Desa Prasi terbagi menjadi peran kepala desa dalam menjalankan fungsi sebagai seorang pemimpin yaitu peran kepala desa menjalankan fungsi inisiator pembangunan, fungsi konsultasi, fungsi pengendalian, dan fungsi delegasi dalam memaksimalkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan desa. Kedua, mengenai partisipasi masyarakat di bidang pembangunan yang terbagi menjadi dua yaitu pembangunan fisik dan non fisik yang terdiri dari berbagai bidang seperti kesehatan, keagamaan, sosial, dan pendidikan. Ketiga, mengenai kendala-kendala yang dihadapi kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan desa Prasi yaitu adanya masyarakat yang mementingkan materi atau upah sebelum mengikuti partisipasi pembangunan desa, adanya masyarakat memiliki kesibukan tersendiri, pencairan dana pembangunan desa yang lama serta keterbatasan waktu dan tenaga kepala desa. Keempat, mengenai usaha mengatasi kendala-kendala yang dihadapi kepala desa dalam mewujudkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan Desa Prasi yaitu adanya upah yang sesuai dengan kinerja masyarakat, memberdayakan masyarakat yang kurang mampu dan tidak memiliki pekerjaan, mengatur dana pendapatan desa dengan efisien dan memanfaatkan keuntungan dari pendapatan asli desa dan pemberian tugas kepada perangkat desa sesuai bidang masing-masing.

Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu

(1) Kepala desa perlu meningkatkan pengawasan terhadap kinerja perangkat desa serta lebih mengontrol dan melakukan koordinasi organisasi pemuda desa untuk lebih aktif dan memberikan kontribusi kepada Desa Prasi.

(2) Perangkat desa perlu menerapkan sikap yang sopan dan ramah dengan baik dalam memberi pelayanan kepada masyarakat serta perlu lebih aktif dalam memantau perkembangan yang ada di desa Prasi.

(3) Masyarakat desa Prasi perlu lebih responsif terhadap pelaksanaan pembangunan  serta lebih aktif dalam memantau kinerja dari aparatur desa.