SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GAME ONLINE UNTUK MANAJEMEN WAKTU SISWA

Puput Indriasari

Abstrak


Pengaruh Game Online untuk Manajemen Waktu Mahasiswa

Penulis : Puput Indriasari (150711607785) Hukum Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang

 

PENDAHULUAN

Mayoritas orang sering mengabaikan waktu. Padahal waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Jika seseorang mampu mengelola waktu dengan baik maka akan berdampak baik pula untuk hidupnya. Sebaliknya, jika seseorang tidak mampu mengelola waktu dengan benar akan memberikan dampak yang buruk pula utuk kehidupannya.

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Saat menjadi mahasiswa tentu berbeda dibandingkan saat menjadi seorang siswa. Tanggung jawab yang dimiliki dan kesibukkan yang dirasakan tentulah jauh berbeda. Walaupun jadwal kuliah tidak sepadat jadwal sekolah, namun terdapat kegiatan-kegiatan yang diikuti yang dapat menyita waktu. Belum lagi tugas-tugas mata kuliah yang biasanya menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa karena dalam pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Banyak mahasiswa, merasa bahwa kebiasaan belajar yang dilakukannya sudah memadai. Dewasa ini game online sedang marak di masyarakat, peminatnya tidak pandang bulu mulai dari anak-anak sampai orang dewasa termasuk mahasiswa. Dalam memainkannya terkadang mahasiswa tidak mengenal waktu sehingga seringkali mahasiswa lupa akan waktu. Game online sudah menjamur dari waktu yang cukup lama diIndonesia. Penyebarannya pun sangat cepat sekali terutama dalam beberapatahun terakhir. Terlebih lagi untuk game online bernama “Mobile Legend”.

Permasalahan selalu timbul ketika sesuatu itu dilakukan berlebihan. Dalam hal ini, berlebihan bisa diasumsikan sebagai pengaturan waktu yang kurang baik dari mahasiswa. Banyak mahasiswa yang ketagihan dengan hal ini dan menjadi melupakan tugas-tugas dan kewajibannya sebagai mahasiswa. Seharusnya hal ini lebih diperhatikan lagi karena jika tidak disesuaikan akan mengganggu mahasiswa dalam memanajemen waktu.

 

PENGARUH GAME MOBILE LEGENDS UNTUK MANAJEMEN WAKTU

1. Pengertian Mobie Legend

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan base musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga "jalur" yang dikenal sebagai "top", "middle" dan "bottom", yang menghubungkan basis-basis.

Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero", dari perangkat mereka sendiri. Karakter terkontrol komputer yang lebih lemah, yang disebut "minions", bertelur di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan, melawan musuh dan menara.

 

2. Pengaruh Mobile Legend Terhadap Mahasiswa

Dunia game adalah dunia yang sangat meengasyikan bagi anak-anak hingga remaja, bahkan tidak dipungkiri juga orang dewasa. Mulai dari Clan of Clash (COC) bahkan Mobile Legend.

Game pada dasarnya digunakan untuk menghilangkan rasa stress akibat terlalu banyak aktivitas, namun yang terjadi sekarang game malah menjadi masalah dan bukan lagi menjadi penghilang rasa stres. Banyak anak-anak, remaja bahkan orang dewasa ketagihan terhadap game. Game yang sedang trend dan menjadi sorotan bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa adalah game Mobile Legend.

Mobile legend adalah sebuah permainan piranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Mobile Legend Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan mengahancurkan basis musuh sambil mempertahankan basisnya. Dimasing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero". Di indonesia game Mobile Legend menimbulkan kontroversi yang dianggap  berbahaya, memiliki unsur kekerasan dan tidak mendidik. Tidak hanya anak-anak bahkan mahasiswa juga menjadi korban dalam game tersebut.

Hampir 70% orang yang memainkan game akan ketagihan dan lama-kelamaan lupa akan segala hal. Dampak yang ditimbulkan dalam game ini sangatlah besar. Mahasiswa yang seharusnya fokus pada saat pembelajaran mereka lebih mementingkan diskusi mengenai game Mobile Legend, mereka tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh dosen dikelas. Bahkan mereka rela mengeluarkan sejumlah uang untuk mengakses bahkan membeli hal-hal yang diperuntukan untuk game. Tidak jarang ditemui di cafe maupun sekitar kampus banyak sekali membicarakan mengenai Mobile Legend, tidak ada habis-habisnya yang dibicarakan hanya Mobile Legend.

Pada saat mereka dirumah mereka menggunakan wakutnya untuk game dari pada untuk belajar maupun mengerjakan tugas, dan hal inilah yang menjadi tingkat konsentrasi belajar menurun. Mereka lebih mementingkan game daripada belajar. Bahkan pada saat acara keluarga maupun acara berkumpul dengan teman-temannya mereka hanya terfokuskan pada game dan mengabaikan teman disekitarnya, seolah-olah mereka hidup dengan game.

 

3. Dampak Positif Mobile Legend

• Belajar Teamwork dan Tidak Egois

Dalam game yang berbasis tim, kemenangan bakal ditentukan oleh kerjasama antar anggota tim. Kita tidak akan bisa menang dengan menjadi jagoan sendirian.

Dengan berbasis 5 hero melawan 5 hero, disini kita dituntut bekerjasama dengan oranglain demi melancarkan serangan efektif ke tower musuh. Kekompakan menjadi modal utama, jangan solo sendirian karena merasa jago. Jangan sampai musuh level up duluan karena kita Disini juga kita belajar untuk tidak egois. Dengan memilih role yang dibutuhkan tim, kita akan belajar mengalah untuk menang. Jangan egois dengan memilih hero yang memng kita ingin gunakan tapi tidak pas dengan tim.

Kerjasama tim dan tidak egois ini bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Kerjasama tim dapat berguna di kampus dan kantor serta sifat tidak egois akan bermanfaat di kehidupan sehari-hari tentunya.

• Menguji Kesabaran

Pernahkah saat kita bermain, ada teman setim kita yang selalu cerewet tapi tidak bisa main? atau saat kita bermain, kita masih dalam perjalanan dengan kendaraan sehingga sinyal kita tidak stabil?

Nah disini kita sedang belajar untuk lebih bersabar. Karena jika kita memaksakan diri, hasilnya akan jelek. Contohnya kita tetap memaksakan diri untuk bermain padahal sinyal kita kurang stabil. Koneksi akan sering terputus dan kita malah bisa terkena penalty akibat sering disconnect

Saat pertama kali mulai bermain pun kita dituntut untuk sabar karena hero yang kita miliki serta skin yang kita punya sangat terbatas. Padahal musuh kita punya skin yang bagus dan keren. Kita bisa saja mengeluarkan uang asli untuk mempercepat ini, namun jika kita grinding dari awal tentu buah kesabaran kita akan menghasilkan.

• Melatih Kejelian dan Kewaspadaan

Saat kita sudah sering bermain game ini, tentu kita sudah terlatih kapan harus melihat map untuk mengetahui dimana hero musuh, kapan harus menyerang, kapan harus mundur. Kita terlatih untuk mengambil keputusan cepat dan tepat saat peluang datang dan harus jeli hero mana atau tower mana yang harus diserang terlebih dahulu. Kita juga dilatih untuk jeli saat hero musuh mendadak hilang, karena siapa tahu kita akan disergap saat menyerang.

Dengan terlatih dalam kejelian dan mengambil peluang ini, kita akan lebih waspada dikehidupan sehari-hari. Reflex dan kejelian kita dalam mengambil keputusan secara cepat dan tepat juga dterlatih. Entu hal ini akan berguna di kehidupan sehari-hari

• Tidak Mudah Menyerah

Kita pasti pernah mengalami saat dimana tim kita dibantai habis oleh tim musuh. Kemungkinan menang kecil sekali, namun kita tidak menyerah. Sedikit demi sedikit kita bisa membalikkan keadaan sehingga menjadi Epic Comeback!

Banyak sekali yang langsung menyerah lalu rage quit, namun sebaiknya jangan menyerah. Walaupun kita kalah pada akhirnya, namun sifat tidak mudah menyerah hingga akhirlah yang harus kita bina dan kita latih.

Sifat ini tentu akan sangat berguna dikehidupan sehari-hari dimana kita akan menemui banyak masalah dan kita tidak menyerah hingga akhir.

 

4. Dampak Negatif Mobile Legend

• Lupa Waktu

Game MOBA mempertemukan dua tim, dengan masing-masing tim tiga sampai lima player, di sebuah arena. Durasi permainannya pun cukup lama, bisa sampai setengah jam bila pertandingan berlangsung dengan sengit.

Karenanya, tak ayal game ini membuat si pemainnya terkadang lupa akan waktu dan merasa kecanduan ingin bermain lagi dan lagi. Nah, kalau sudah begitu, ada banyak akibat yang ditimbulkan, seperti misalnya mengganggu waktu kerja, kuliah, dan lainnya.

• Kurang Tidur

Bagi sebagian gamer, khususnya mereka yang punya segudang aktivitas kerja yang padat, malam hari adalah waktu yang paling ideal dalam bermain game. Namun, saking asyiknya bermain game, terkadang tanpa sadar waktu terus berjalan hingga menjelang pagi.

Padahal, di pagi hari mereka harus bangun untuk kembali bekerja. Tak jarang, ada yang sampai bolos bekerja karena kesiangan. Dan ketika mereka kesiangan, biasanya lanjut tidur atau memainkan kembali game tersebut.

• Bertengkar dengan Pasangan

Sebenarnya dampak yang satu ini mungkin ada hubungannya dengan dampak yang pertama. Karena lupa waktu, mereka jadi lupa untuk memberi kabar ke pasangan masing-masing.

Atau ketika sedang asyik bermain tiba-tiba saja pacar atau pasangan mencoba menghubungi gamer melalui panggilan telepon, baik itu lewat sambungan operator atau melalui panggilan di layanan messenger. Padahal saat itu kondisi permainan sedang memanas, hingga membuat gamer terkadang kesal dan memarahi pacarnya. Kalau sudah begitu, pertengkaran pun tak terelakkan.

• Boros Baterai

Sebenarnya game apapun itu bisa bikin baterai boros. Nah, karena game MOBA ini bikin kecanduan, memainkan satu dua pertandingan saja dirasa tak cukup.

Apalagi jika bermain dengan teman-teman atau biasa dikenal dengan istilah Mabar (main bareng). Padahal kondisi baterai sudah low-batt, tapi gamer tetap saja mengisi sambil bermain. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin bila baterai smartphone akan cepat rusak.

• Asyik Sendiri

Bermain game bisa menjauhkan yang dekat. Karena sudah asyik main bareng teman di dalam game, teman yang kebetulan sedang berkumpul bersama jadi dicuekin. Tak peduli kondisi sedang ramai, gamer biasanya menyempatkan diri memainkan satu atau dua pertandingan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Game. Mobile Legends

Prof. Dr. H. Sunarto & Dra. Ny. B . Agung Hartono. 2008. Manajemen Waktu. Jakarta : PT Rineka Cipta