SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN PONDOK RAMADHAN DI MASJID RAUDLOTUL JANNAH DUSUN TOYOMERTO KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG

Aurafadhil Hariz Qinanda

Abstrak


PELAKSANAAN PONDOK RAMADHAN DI MASJID RAUDLOTUL JANNAH  DUSUN TOYOMERTO KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG

Aurafadhil Hariz Qinanda UniversitasNegeri Malang Jl. Semarang No. 5, Sumbersari, KecLowokwaru, Kota Malang

gmail: fadhilhariz95@gmail.com

 

Abstrak: Tujuan dari program ini adalah :

(1) Untuk menciptakan generasi muda yang cinta al-Qur’an

(2) Agar terciptagenerasi muda yang berpegang teguh kepada al-Qur’an  ditengah era globalisasi. Kegiatan pondok ramadhan dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 10 juni 2018 mulai dari pukul 07.30-18.00 WIB dengan sasaran peserta yaitu TPQ yang terdapat di DusunWonoagung serta anak-anak dan remaja di DusunToyomerto. Peserta pada kegiatan pondok romadhon ini dibagi menjadi beberapa kelas, yaitu kelas I untuk anak usia 4-7 tahun, kelas II untuk anak usia 7-10 tahun dan kelas III untuk anak usia 10-15 tahun.

Kata Kunci: pondok ramadhan, prajuritkulon, remaja masjid

 

PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu matakuliah pengabdian kepada masyarakat yang diprogramkan bagi mahasiswa S1 Universitas Negeri Malang, baik untuk program studi kependidikan maupun non kependidikan. Mata kuliah KKN ini merupakan wadah dan wahana bagi mahasiswa untuk melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, khususnya dharma yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Salah satu ragam KKN di Universitas Negeri Malang adalah KKN Reguler, dimana program ini merupakan kuliah pengabdian kepada masyarakat yang terbagi di beberapawilayah di Kabupaten Malang. Pelaksanaan KKN Universitas Negeri Malang tahun ini bertepatan dengan datangnya bulan suci ramadhan yaitu pada tanggal 19 mei hingga 9 juli 2018.

Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah, rahmat dan ampunan Allah SWT.  Bulan tersebut merupakan saat yang baik bagi setiap kaum Muslimin untuk lebih meningkatkanKetakwaan dan Keimanannya melebihi hari-hari diluar Ramadhan. Setiap Kaum Muslim berharap agar nantinnya memperoleh derajat orang yang bertakwa (muttakin) sebagaimana maksud dari Ibadah Puasa itu sendiri. Firman Allah SWT:

يَآ يُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبلِكُم لَعَّلَكُم تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (Q.S. al-Baqarah : 183))

Ibadah Ramadhan yang dilaksanakan secara khusyu’ dan penuh ketertiban adalah dambaan setiap Muslim. Momentum ini tidak hanya Khasanah meningkatkan Iman dan Taqwa, tetapi juga merupakan kesempatan emas untuk memperkaya pengetahuan agama serta keanekaragaman aktivitas Ibadah lainnya. Rangkaian Ibadah Puasa disiang hari dengan menahan hawa nafsudan Qiyamullail adalah merupakan beberapa contoh aktivitas selama bulan suci ramadhan.

Mengingat pelaksanaan Ibadah Ramadhan yang tinggal menghitung hari, segenap Panitia Remaja Masjid Raudlotul Jannah berininsiatif menjalankan sebuah program sebagai wadah untuk mencerdaskan generasi Muda Islam. Atas pertimbangan inilah, REMAS Roudhotul Jannah  dalam menyambut Bulan Ramadhan 1439 H akan membuka Pondok Romadhon dengan tema “Gebyar Ramadhan Guna Menumbuhkan Generasi Qur’ani” yang orientasi utamanya untuk menanamkan dan membentuk Jiwa generasi muda yang berbudi luhur dan berakhlaqul karimah.

 

METODE

Metode pelaksanaan program kegiatan “Pondok Ramadahan di Masjid Raudlotul Jannah” adalah dengan pendekatan tradisional. Sosialiasasi dilakukan secara langsung.

1. Tahap Persiapan

•Observasi

Tahap persiapan program “Pondok Ramadhan” diawali dengan observasi dan konsultasi rencana program ini denganMas LukyselakuModindanRemas di Masjid RaudlotulJannahdi DusunToyomerto. Berdasarkan persetujuan BapakLurahWonoagungdanbeberapatokohmasyarakat, serta kesediaan dari mahasiswa KKN untuk dilaksanakannya program ini.

•Tahap Koordinasi

Pada tahap ini, ketua koordinator KKN dan perwakilanRemas Raudlotul Jannah melaksanakan rapat kecil mengenai pembagian kerja panitia bidang yang ikut serta dalam melaksanakan program ini. Selain itu, dibahas mengenai teknik yang tepat untuk melaksanakan program kerja pembuatan sirup.

2. Tahap Pelaksanaan

Kegiatan “Pondok Ramadhan” ini direncanakan akan dilaksanakan pada:

hari/ tanggal : Minggu, 10Juni 2018

pukul : 07.00 – 18.00 WIB

tempat : Masjid RaudhotulJannah.

acara : Pondok Ramadhan

3. Tahap Akhir

Pada tahap ini dilakukan evaluasi kegiatan pondok ramadhan yang telah dilaksanakan.

 

HASIL

Hasil dari pelaksanaan kegiatan “Pondok Ramadahan di Masjid Raudlotul Jannah Dusun Toyomerto Desa Wonoagung Kabupaten Malang” adalah sebagai berikut :Terlaksananya kegiatan program kerja individu mahasiswa KKN UM Wonoagung serta menambah pengetahuan dan meningkatkan iman dari peserta pondok romadhon. Berdasarkan hasil sesi tanya jawab oleh peserta kepada pemateri, terlihat antusiasme yang diketahui dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta baik dari kelas anak-anak hingga kelas anak remaja. Hal ini menandakan adanya ketertarikan peserta pad materi yang disampaikan, dimana materi untuk kelas pertama yaitu kelas anak usia 4-7 tahun yaitu belajar sambil bermain. Materi untuk kelas kedua yaitu usia 7-10 tahun yaitu meneladani kisah para nabi sedangkan materi untuk kelas ketiga yaitu usia 10-15 tahun adalah menelaah al-qur’an dan kandungannya.

 

SIMPULAN

Pelaksanaan program kerja kelompok “pondok di Masjid Raudlotul Jannah Dusun Toyomerto Desa Wonoagung Kabupaten Malang” dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan sesuai rencana. Antusiasme peserta dari kegiatan ini dapat terlihat dari hasil yang didapat, yaitu banyaknya peserta yang bertanya seputar materi yang telah disampaikan dan keterlibatan peserta secara aktif. Program pelatihan ini dirasa sangat tepat sasaran sehingga sesuai dengan kebutuhan anak – anak dan remaja, khususnya di kelurahan surodinawan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Samsul, Mochammad. Pengertian Pondok Ramadhan (Online). http://artikel sunanampel.blogspot.com/2017/04/pengertian-pondok-ramadhan.html.Diaksestanggal 2 Juli 2018

Tyas. Pondok Ramadhan di Sekolah untuk Anak(Online) https://id.theasianparent.com/pondok-ramadhan-di-sekolah/. Diaksestanggal 2 Juli 2018

Faqod, Oman. MengisiBulanSuciDenganKegiatanPondokRomadhon. (Online) https://omanfaqod.wordpress.com/2012/08/07/mengisi-bulan-suci-dengan-kegiatan-pondok-romadhon/.Diaksestanggal 2 Juli 2018