SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think Pair And Share ) dalam Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X-TKJ SMK PGRI 2 Kota Malang.

Putri Nike Dwi Puspita

Abstrak


ABSTRAK

Putri, Nike Dwi Puspita. 2019.MeningkatkanPrestasiBelajardenganMenggunakan Model Pembelajaran TPS (Think Pair And Share) dalam Mata PelajaranPPKnSiswaKelas X-TKJSMK PGRI 2 Kota Malang. Skripsi, Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraan, JurusanHukumdanKewarganegaraan, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : (1) Drs.Margono, M.Pd, M.Si. (2) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd, M.Si..

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Think Paid and Share, PrestasiBelajar

Pendekatanpembelajaran yang diterapkanoleh guru di kelasmemangperananpentinguntukmencapaitujuanpembelajaran yang diharapkan. Namunpadakenyataanya, guru belum optimal dalammeningkatkanprestasibelajarsiswa X TKJ SMK PGRI 2 Kota Malang. Tingkat ketuntasan belajar siswa X TKJ SMK PGRI 2 Kota Malang masih dibawah standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran PPKn dikarenakan siswa tidak fokus pada materi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kebanyaakan siswa asik mengobrol sendiri dan celometan ketika guru menerangkan materi pembelajaran. Sebagai upaya peningkatan kualitas proses pembelajaran maka peneliti menggunakan model pembelajaranThink Pair and Share.

Tujuandaripenelitianiniadalah

(1) untukmenjelaskanpenerapan model pembelajaran TPS dalammatapelajaranPPKn,

(2) untukmenggambarkanaktivitas guru dansiswadalampenerapan model pembelajaran TPS terhadapsiswakelas X TKJ SMK PGRI 2 Kota Malang,

(3) untukmeningkatkanprestasibelajarsiswakelas X TKJ SMK PGRI 2 Kota Malang denganmenggunakan model pembelajaran TPS dalammatapelajaranPPKn.

MetodepenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas (PTK).Dalam penelitian ini menggunakan metodelogi dengan pendekatan kualitatif.Analisis dalam penelitian ini adalah data yang diperolehdarihasilwawancara, dokumentasipadasiswadan guru. Analisis data yang akandigunakandalampenelitianiniada tiga faseyaitu, reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan.

Penerapan model pembelajaranThink Pair and Share dalammatapelajaranPPKnpadapenelitianinisesuaidenganlangkah-langkah model pembelajarantersebut. Aktivitas guru mengalamipeningkatandarikriteriabaikmenjadisangatbaik. Sedangkanaktivitassiswamenjawabbenardanlengkapdari (31%) 9 siswamengalamipeningkatanmenjadi (55%) 16 siswa. Hasilprestasibelajarsiswamengalamipeningkatandanmenunjukkanprestasibelajarsiswadaripretessampaitesakhirtiapsiklussudahmencapaiketuntasanbelajarklasikal yang ditetapkanolehsekolahyaitu 80% siswadikelas yang tuntasdiatas KKM. Maka model pembelajaranThink Pair and Share dapatmeningkatakanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranPPKnpadakelas X TKJ di SMK PGRI 2 Kota Malang.

PenelitianTindakanKelas (PTK) sangatbermanfaatbagi guru dansiswa, hendaknya guru mampumemberikanwaktu yang cukupuntukpenelitian demi peningkatanmutupembelajaran.

Selainitusiswadiharapkanmampumengikutisetiaptahapdalam model pembelajarabThink Pair and Share untukmeningkatkankeaktifansiswa. Bagipeneliti yang akanmelakukanPenelitianTindakanKelas

(PTK) dengan model pembelajaranThink Pair and Share, hendaknyamempersiapkansegalasesuatudenganbaikdankomunikasidengan guru pamong yang akanmembantudalam proses penelitian.