SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

BAKTI SOSIAL DI BULAN RAMADHAN BERSAMA MASYARAKAT KELURAHAN SURODINAWAN

Alif Al Fiansyah

Abstrak


BAKTI SOSIAL DI BULAN RAMADHAN BERSAMA MASYARAKAT KELURAHAN SURODINAWAN

Alif Al Fiansyah Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5, Sumbersari, Kec Lowokwaru, Kota Malang

Gmail :alifalfiansyah87@gmail.com

Abstrak : tujuan dari program ini adalah :

(1) Untuk meningkatkan kepedulian dan rasa social terhadap kondisi masyarakat pedesaan yang makin hari makin memprihatinkan, baik dari segi kebutuhan ekonomi maupun dari segi lapangan pekerjaan.

(2) Terciptanya masyarakat yang peduli terhadap sesama.

(3) Melaksanakan diskusi lintas budaya antaran masyarakat terdidik  dan masyarakat awam, hususnya dalam pros transformasi pendidikan melalui program-program baksos.

Kata Kunci : bakti sosial, Mojokerto, Ramadhan

 

PENDAHULUAN

Masyarakat adalah salah satu unsur terpenting dalam sebuah Negara. yang mana pada masing-masing masyarakat disebuah Negara  terdapat berbagai macam adat profesi atau pekerjaan sehari-hari yang berbeda-beda. seperti contohnya pada masyarakat tradisional yag kerap kali mempertahankan adat istiada yang turun termurun dari leluhur atau nenek  moyangnya, ada lagi masyarakat pedesaan yang sehari-harinya bermata pencaharian petai dan nelayan.

Bakti sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Tujuan Baksos yakni, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai sarana aktualisasi diri mahasiswa untuk membantu sesama. Sebagai sesama umat Tuhan YME seharusnya kita saling membantu dengan sesama.Jika kita punya waktu dan bahan sebagai objek yang bisa kita berikan maka sebaiknya kita berikan hal itu untuk membantu mereka yang membutuhkan. Disamping itu semua kita bisa menggali rasa peduli kita  dengan sesama. Serta memberi motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan. Dengan kita memberikan bakti sosial berupa ilmu atau pun wawasan yang penting bagi kehidupan sehari – hari (misalnya pengetahuan mengenai aids) maka itu bisa memberikan ilmu / suatu yang penting bagi mereka. Dan itu mengupgrade wawasan pengetahuan mereka.Dengan begitu mereka akan sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, keberadaan masyarakat tradisonal dan mayarakat pedesaan makin hari makin kurang diperhatikan, baik dari kalangan pemerintahan ataupun dari kalangan orang-orang yang bisa dikatakan berkecukupan atau berada dari sisi ekonomi dan pekerjaan. Berbagai persepsipun kian membuming ditelinga kita  tentang kondisi masyarakat yang semakin merosot dan kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. baik dari segi pendapatan, ataupun dari segi lapangan pekerjaan sangat kurang sekali diperhatikan, sehingga tidak jarang jikalau hari ini marak terjadi berbagai macam penambangan liar yang berdampak pada system lingkungan dan kemungkinan akan menimbulkan gejala alam yang akan merugikan masyarakat itu sendiri. Itu semua dilakukan oleh masyarakat semata-mata untuk menghidupkan keluarga atau sanak family mereka. Dan salah satu cara untuk menenggulangi hal tersebut adalah dengan meningkatkan perhatian kita baik pemerintah maupun kalangan orang berada juga mahasiswa untuk senantiasa memberikan kontribusu dan dharma bakti kepada masyarakat sekitarnya yang memerlukan bantuan atau santunan.

Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang  ditawarkan dari kelompok kerja KKN dengan melakukan program kerja Bakti Sosial di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat di Kelurahan Surodinawan kecamatan Prajurit Kulon kota Mojokerto.

 

METODE

Strategi pelaksanaan Program Bakti Sosial Di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat Kelurahan Surodinawan dibagi menjadi 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan akhir kegiatan. Tahapnya sebagai berikut :

(a) Persiapan

1) Observasi

2) Koordinasi dengan pihak kelurahan

3) Melakukan rapat koordinasi

4) Membuat rencana kegiatan program

(b). Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 08 Juni 2018 . Adapun bentuk kegiatan berupa:

1.Pra-Kegiatan

-Pengambilan data penerima sembako di kelurahan Surodinawan

2.Pembukaan (Sambutan Ketua Bakti Sosial, Sambutan Kepala Kelurahan, Pembagian Sembago secara Simbolis)

3.Penutup dan Doa

4.Pembagian Sembako

(c). Akhir

1.Evaluasi

Melakukan evaluasi berjalannya kegiatan. Evaluasi dilakukan dalam rangka mengetahui hasil-hasil yang telah dilakukan apakah sudah mencapai target yang diharapkan atau belum, sehingga kegiatan yang telah dilakukan dapat dinilai keberhasilannya sekaligus untuk mencari solusi mengenai pemecahan masalah yang ada sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang sama pada kegiatan yang sama.

2.Penyusunan Laporan

Adapun tujuan pada tahap ini yaitu tersusunnya laporan kegiatan Bakti Sosial Di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat Kelurahan Surodinawan Kecamatan Prajurit Kulon Kabupaten Mojokerto. Penyusunan laporan merupakan usaha pertanggung jawaban tertulis terhadap apa yang telah dilaksanakan, serta laporan hasil kegiatan ini akan dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing Lapangan.

 

HASIL

Hasil dari pelaksanaan kegiatan “Bakti Sosial di Bulan Ramadhan Bersama Masyarakat Kelurahan Surodinawan” adalah sebagai berikut : Terlaksanyanya kegiatan program kerja kelompok mahasiswa KKN UM Surodinawan serta dapat berbagi kepada sesama manuasia yang saling membutuhkan.

 

SIMPULAN

Terlaksananya kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat kelurahan surodinawan dapat  tercipta suasanya masyarakat yang peduli terhadap sesama dan  dapat ikut merayakan hari raya Idul Fitri  dengan persedian makanan yang cukup.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://muslim.or.id/1282-dahsyatnya-sedekah-di-bulan-ramadhan.html