SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERMASALAHAN RETENSI BELAJAR, TRANSFER BELAJAR DAN FAKTOR KONDISI MAHASISWA HKN OFFERING A ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Anna Amiro

Abstrak


Abstrak

Tujuan artikel ini dibuat ialah untuk mengetahui bagaimana karakteristik kemampuan dan kondisi retensi dan transfer pembelajaran rata-rata pada siswa di kelas dalam menerima , mengingat , dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Retensi ialah kemampuan seseorang mengingat materi , pembelajaran , atau pengetahuan yang diperolehnya. Pengetahuan bermakna yang diperoleh akan lebih mudah diingat oleh memori. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi tingkat retensi seseorang , antara lain ,  1. Apa yang dipelajari di awal , 2. Belajar yang melebihi dari kuasa seseorang , 3. Pengulangan materi yang telah diberikan. Sedangkan transfer dalam belajar pembelajaran ialah kemampuan seseorang untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari. Transfer belajar terjadi apabila seseorang dapat menerapkan sebagian atau semua pengetahuan yang telah didapatkannya ke dalam situasi tertentu yang sesuai dengan bidang yang diketahuinya. Dapat dikatakan pula bahwa transfer belajar ialah apabila yang kita pelajari dapat digunakan untuk mempelajari hal lain.

Kata kunci : retensi , transfer belajar ,  kemampuan , ingatan.