SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan

Nurfadilah Atika

Abstrak


Nurfadilah, Atika. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Program Studi Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H A Rosyid Al Atok, M.Pd, M.Si (2) Dr. H Edi Suhartono, S.H, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Video, Minat Belajar, PPKn

Pendidikan merupan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Tercapainya tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik selama kegiatan berlangsung. Salah satu komponen yang harus ada dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang digunakan sebagai alat bantu pengajaran, akan tetapi pada umunya media pembelajaran belum terlaksana dengan baik, dan guru hanya menggunakan media yang sama sehingga siswa merasa bosan dan ngantuk ketikan pelajaran berlangsung. Video merupakan media audiovisual yang menampilkan gambar bergerak disertai audio dalam waktu tertentu, yang berguna untuk membawa penonton mengalami kejadian yang ada di dalam video tersebut. Namun pelaksanaan media video tersebut belum maksimal dalam pembelajaran. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang media pembelajaran video di SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui

1) untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan yang tidak menggunakan media pembelajaran video,

2) untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dikelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan yang menggunakan media pembelajaran video, 3) untuk mengetahui Adakah pengaruh media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu Quasi Eksperiment Design dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data-data dilapangan yaitu di SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumen, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Uji-t dua sampel tidak berpasangan (Independent Sample t-Test) dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 95%.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan minat belajar siswa kelas kontrol. Dari hasil menggunakan uji-t dua sampel tidak berpasangan (Independent Sample t-Test), dengan menggunakan perhitungan melalui SPSS 16.0 For Windows dengan taraf signifikasi 0,05. Diperoleh sig (2tailed) adalah 0,000, dengan kriteria lebih kecil dari 0,05 dan rata-rata skor minat belajar siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, maka HO  ditolak dan dengan kata lain H1 diterima. Dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antarakelas kontrol dan kelas eksperimen yang lebih baik. Setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran video, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dan dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Karangbinangun Kabupaten Lamongan.