SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Kepala Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto

Tyas Tri Ayu Yanuar Brilianing

Abstrak


RINGKASAN

Tyas, Tri Ayu Yanuar Brilianing. 2019. Peran Kepala Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edi Suhartono, SH., M.Pd. (II) Dr. Sri Untari, M.Si.

 

Kata kunci: Peran, Kepala Desa, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa

Pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. hal ini dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala desa yang mempunyai kekuasaan besar di wilayahnya dan tanggung jawab sebagai kepala desa yang dibantu oleh perangkat desa sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing. Sesuai dengan tugas, wewenang dan kewajiban kepala desa, kepala desa beserta perangkat desa mempunyai tanggung jawab yaitu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai kepala desa sebagai aktor penting dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan empat hal, yaitu:

(1) mengetahui partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto,

(2) mengetahui peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto,

(3) mengetahui hambatan yang dihadapi kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto dan

(4) mengetahui cara mengatasi hambatan yang dihadapi kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen penelitian bertindak untuk mengumpulkan data. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen pemerintah desa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dimana hasil temuan dibandingkan dengan sumber serta teknik yang berbeda dan meningkatkan ketekunan pengamatan.

Hasil analisis dalam penelitian ini menghasilkan empat simpulan. Pertama, partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto meliputi partisipasi masyarakat melalui perencanaan pembangunan desa dan partisipasi masyarakat melalui pelaksanaan pembangunan desa. kedua, peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto sebagai inisiator dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa dengan kepala desa terjun langsung ke masyarakat untuk mendengarkan  aspirasi warga agar bisa mengetahui permasalahan yang terjadi, kepala desa sebagai fasilitator yaitu kepala desa sebagai orang yang menjembatani berbagai kepentingan masyarakat dalam pelaksanaan program pembangunan desa sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, serta kepala desa sebagai koordinator yaitu kepala desa selalu berkoordinasi dengan perangkat desa, BPD, lembaga desa dan selalu bermusyawarah dalam pengambilan keputusan. Ketiga, hambatan yang dihadapi kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa  di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto adalah kurangnya pemahaman warga terhadap program desa sehingga mengakibatkan masyarakat tidak peduli terhadap tujuan kegiatan tersebut dan perbedaan pendapat antara warga dengan orang lain yang ada di lingkungannya sehingga masyarakat malas untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan. Keempat, cara mengatasi hambatan yang dihadapi kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto adalah kepala desa memberikan sosialisasi mengenai program pembangunan desa yang akan dilaksanakan dengan cara mendatangi warga secara langsung melalui kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat meliputi pertemuan RT,RW, kegiatan pengajian, untuk mengatasi hambatan perbedaan pendapat cara mengatasinya dengan diadakan musyawarah dengan masyarakat, setelah itu di cari solusi yang terbaik dengan mengambil jalan tengahnya dengan persetujuan semua pihak yang ada.

Saran peneliti kepada Pemerintah Desa Seduri perlunya sosialisasi kepada masyarakat terkait program-program pembangunan desa yang akan dilaksanakan di Desa Seduri sosialisasi dapat dilakukan dengan pemasangan banner di tempat kerumunan warga sehingga warga dapat mengetahui program pembangunan yang akan diselenggarakan oleh pemerintah desa. Bagi masyarakat Desa yang telah ikut berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan Desa alangkah baiknya jika tetap dipertahankan dan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah desa untuk dapat mengajukan usulan-usulan program pembangunan hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bagi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan sebaiknya penelitian yang berkaitan dengan kepala desa dan perannya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa perlu terus dilakukan karena terdapat metode analisis yang berbeda-beda untuk mengetahui peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.