SKRIPSI Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Gotong Royong Siswa di SMK Negeri 3 Malang

etwitdya arny firawittanty

Abstrak


RINGKASAN

Gotong royong sebagai ciri khas Indonesia harus terus menerus dikembangkan dan diperhatikan. Dilembaga pendidikan menjadi tugas setiap warga sekolah untuk bertanggung jawab membangun karakter generasi penerus bangsa dengan tuntutan era globalisasi yang menjadi pengaruh besar. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui bentuk-bentuk kegiatan gotong royong, (2) mengetahui upaya sekolah dalam mengembangkan sikap gotong royong siswa, (3) mengetahui kendala-kendala yang menghambat kegiatan gotong royong siswa, (4) mengetahui solusi dalam mengatasi kendala yang  menghambat kegiatan gotong royong siswa

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskripsif dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain, bentuk-bentuk kegiatan gotong royong dari kegiatan intrakulikuler yaitu pembelajaran berkelompok, kokurikuler dengan adanya program field trip dan pratikum pembelajaran produktif, kegiatan ekstrakulikuler yang terdiri dari OSIS, PASKIBRA, PRAMUKA, PMR, teater, Karawitan. Lalu adanya program kepedulian sesama, perlombaan, kebersihan sekolah, serta kerja bakti. Upaya warga sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, staf karyawan, siswa dalam mengembangkan sikap gotong royong. Dan kendala yang terjadi yaitu individualistik, pendidikan dari rumah serta solusi dalam mengatasi kendala tersebut ialah dari aspek pembinaan dan pencegahan